nationalleathercollection.org

Sejauh yang diketahui banyak orang, fosil biasanya hanya berupa tulang belulang. Bagian tubuh seperti kulit dan daging sudah tidak ada lagi, bahkan wajah dari fosil tersebut sudah tidak dapat dikenali. Akan tetapi, berbeda dengan bog body.

Apa itu bog body? Yaitu merupakan fosil dari tubuh manusia yang masih dalam kondisi utuh dan ditemukan di rawa-rawa. Keadaan rawa yang mengandung sedikit oksigen membuat tubuh-tubuh manusia tersebut tidak membusuk, alias terawetkan secara alami. Seperti proses mumifikasi, tapi ini terjadi begitu saja. Memang benar jika tubuh mayat tersebut menjadi hitam, tetapi secara keseluruhan masih utuh dan bahkan ada yang wajahnya masih terlihat.

Bog body sendiri paling sering ditemukan di Eropa Utara, biasanya di Denmark, Belanda, Inggris, Jerman, maupun Irlandia. Namun, ada pula yang terdapat di US, tepatnya di Florida. Dari sekian banyak bog body pun, sekitar 45 saja yang masih lumayan utuh. Kemudian, mengapa tubuh-tubuh itu bisa berada di rawa? Diperkirakan mereka adalah korban dari penumbalan manusia di masa lalu. Mungkin ada alasan lainnya, tetapi belum jelas.

Dari sekian banyak bog body atau manusia rawa, berikut ini 4 saja yang akan kita ulas.

4Bog Body Elling Woman

alchetron.com

Elling Woman merupakan bog body yang ditemukan para peneliti di Bjaelskovdal, Denmark pada tahun 1938. Tubuh ini sendiri sudah sangat menghitam, tetapi untaian kepangan rambutnya masih terlihat jelas. Diperkirakan, Elling Women meninggal akibat digantung sampai mati, kemudian dikuburkan di dalam rawa sedalam tujuh meter. Ia juga diperkirakan sebagai manusia zaman besi kuno, dan dijadikan tumbal paganisme di usia 25 tahun.

3Bog Body Grauballe Man

framepool.com

Grauballe Man ditemukan di rawa desa Grauballe, Jutlan, Denmark pada tahun 1952. Tubuhnya sendiri diperkirakan berasal dari era Zaman Besi Jerman, sekitar 2000 tahun lalu. Warna tubuhnya juga menghitam akibat reaksi kimia di rawa-rawa. Ia juga diperkirakan sebagai tumbal paganisme di masa lalu, dan meninggal di usianya yang baru 30 tahun.

2Bog Body Yde Girl

wikimedia.org

Tubuh dari Yde Girl ditemukan di desa Yde, Belanda tahun 1897. Itulah mengapa dia diberi nama Yde. Jasad ini juga diperkirakan dari 2000 tahun lalu. Kemungkinan Yde Girl tewas tercekik tali, karena ditemukan juga tali dari kain wol di lehernya. Tulang selangkanya pun mengalami tusukan. Gadis yang diperkirakan baru berusia 16 tahun ini pun kemudian dikubur sedalam 137 centimeter di dalam rawa.

1Bog Body Tollund Man

http://lh5.ggpht.com

Bog body inilah yang paling terkenal, karena memang mayatnya masih sangat utuh meskipun sudah berwarna hitam. Fosil yang satu ini ditemukan pada tahun 1950 di Bjaeldskovdal, Denmark oleh Viggo dan Emil Hojgaard. Ia dipendam sedalam 2 meter dan diperkirakan sudah meninggal sejak 2000 tahun yang lalu. Sebab kematiannya diperkirakan karena digantung. Kemungkinan dia juga korban dari penumbalan manusia untuk ritual tertentu di masa lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here