Sumber: skanaa.com

Meneguk air es saat suaca panas rasanya seperti mengguyur tenggorokan kering dengan air sungai segar. Rasa dingin dan nikmat begitu terasa hingga seperti mengembalikan energi yang hilang selama cuaca panas.

Tak dipungkiri memang bila minuman dingin paling dicari oleh sebagian orang untuk mengobati dahaga dan rasa lelah. Tubuh terasa kembali bugar dan berstamina, pikiran jadi lebih fresh dan siap beraktivitas kembali. Tapi tahukah kamu bila ada beberapa mitos terkait air es yang membuat urung mengkonsumsinya? Seperti ini misalnya,

3Bikin aliran darah haid tidak lancar

Sumber: arah.com

Salah satu mitos tentang air es yang begitu populer di kalangan wanita adalah membuat aliran darah saat haid tidak lancar. Katanya sih darah bisa menempel pada dinding rahim. Jika sudah demikian bisa menjadi kotoran yang menumpuk di dalam dan menyebabkan penyakit berbahaya, kanker rahim misalnya. Benarkah demikian?

Tapi sayangnya ini hanya mitos belaka. Sebab air es dan haid tidak ada hubungannya. Faktanya, menstruasi berhubungan dengan esterogen. Sehingga darah yang keluar dipengaruhi oleh faktor hormonal dan psikologis. Jadi nggak perlu khawatir lagi minum es saat datang bulan, ya?

2Bikin gendut

Sumber: food.detik.com

Pernah nggak sih kamu dengar seseorang yang mengatakan bila, “Jangan minum air es nanti bisa gemuk?” Sempat mikir juga apakah benar air es bisa membuat tubuh melar? Hal ini dikarenakan usai mengkonsumsi makanan kemudian minum minuman dingin, tubuh jadi terasa lebih berat.

Padahal, menurut Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bila air dingin justu bisa meningkatkan suhu tubuh. Sehingga tidaklah mungkin minuman dingin bisa membekukan lemak dan bikin gemuk.

Lain halnya jika minuman es bila dicampur dengan sirup atau zat manis lainnya. Kandungan gula di dalamnya dapat menaikkan berat badan. Tapi bukan esnya ya yang bikin gemuk.

1Mendinginkan tubuh saat panas

Sumber: sumsel.tribunnews.com

Cuaca panas identik dengan rasa haus yang melanda. Keringat dalam tubuh juga mulai bercucuran. Anyway, sebenarnya hal tersebut wajar saja terjadi. Sebab rasa haus yang ditimbulkan merupakan respon untuk menurunkan suhu tubuh. Sebagian orang justru memilih mengkonsumsi air es yang katanya bisa mendinginkan badan.

Namun fakta yang diungkap oleh tim penelitian University of Ottawa yakni munman hangatlah yang terbaik untuk menurunkan suhu tubuh. Sebab zat hangat bisa membantu mengeluarkan keringat, sehingga badan lebih cepat dingin.

Sekarang sudah tahu kan fakta di balik air es yang beredar di masyarakat? Jadi, konsumsilah sesuai dengan kebutuhan tubuh ya, guys. Semoga bermanfaat! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here