Sumber: metro.co.uk

Beberapa kali brand-brand fashion ternama menjiplak merek dan budaya dari wilayah lain tanpa meminta izin terlebih dahulu. Tahun lalu, koleksi pra-musim dari brand kenamaan Dior kembali diluncurkan. Namun justru masyarakat tidak asing dengan ciri khas produknya.

Desain pada setiap helai pakaian Dior mirip dengan baju khas penduduk Bihor di Rumania. Kemiripan itu bahkan tidak main-main, setia detail motif hingga aksen sebelas dua belas. Dior sendiri mengaku menjual mantelnya itu dengan harga 30.000 euro. Tetapi tak sepeser pun diberikan kepada rumah komunitas Bihor.

Melihat situasi ini, majalah mode Rumania, Beau Mode mulai meluncurkan produk asli. Dengan bantuan pengrajin, mereka menciptakan model terbaru untuk melestarikan kebudayaan lokal. Diberi nama Bihor Couture, produk pakaian tradsional ini pun mulai dilirik oleh pecinta fashion di seluruh dunia, lho.

1Bihor adalah wilayah kecil di Rumania yang memiliki warisan kebudayaan unik.

Sumber: boredpanda.com

2Para warganya begitu bangga dengan desain pakaian tradisional mereka.

Sumber: boredpanda.com

3Keberagamn budaya justru menjadikannya lebih menarik.

Sumber: boredpanda.com

4Tahun lalu, brand Dior meluncurkan koleksi terbarunya. Namun orang-orang langsung sadar jika beberapa produk pakaian mereka tampak familiar.

Sumber: boredpanda.com

5Produk pakaian mereka sama dengan baju tradisional Bihor.

Sumber: boredpanda.com

6Berikut kemiripannya.

Sumber: boredpanda.com

7Kesamaannya begitu mencolok.

Sumber: boredpanda.com

8Jaket yang mencontek pakaian penduduk Bihor ini dijual dengan harga 30.000 euro.

Sumber: boredpanda.com

9Sayangnya Dior tak pernah membayar seperserpun kepada komunitas Bihor karena telah mencontek pakaian tradisionalnya.

Sumber: boredpanda.com

10Untuk mempertahankan budaya lokal, akhirnya majalah fashion Rumania, Beau Mode meluncurkan sebuah produk yang tak kalah menariknya.

Sumber: boredpanda.com

11Dengan bantuan pengrajin dan desainer, mereka mengeluarkan pakaian tradisional yang tak kalah fashionable namun dibanderol dengan harga lebih murah tentunya!

Sumber: boredpanda.com

Oleh sebab itu guys, kita harus melestarikan dan menjaga budaya sendiri. Kalau nggak begitu bisa dicuri orang lain. Nah, kalau udah begitu siapa dong yang harus disalahkan? (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here