seruni.id

Bulan puasa selalu dinantikan oleh semua muslim yang bertaqwa. Dan hal yang paling ditunggu setiap harinya adalah masa-masa berbuka, apalagi jika ditemani oleh kebersamaan bareng keluarga. Sebuah momen yang begitu dirindukan dan hangat.

Membahas soal puasa, banyak sekali nih sunah-sunah yang Rasulullah anjurkan untuk diteladani. Mulai dari ibadah yang sunah, keutamaan-keutamaan puasa hingga makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka dan membatalkan puasa.

Berikut Serambi Hati sajikan, makanan-makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah saat berbuka sekaligus fakta dan rahasia yang ada di baliknya.

 

1Kurma

hellosehat.com

Buah yang paling best seller selama momen ramadhan ini begitu lekat di hati masyarakat Indonesia. Tidak pernah diiklankan di TV tapi selalu dinanti. Kurma memang spesial, buah yang memiliki daging manis, lunak dan legit ini memang cocok digunakan sebagai cemilan yang menyehatkan. Rasulullah memberi tauladan untuk memakan sebanyak tiga buah saat berbuka.

Khasiatnya : Setelah melalui proses penelitian yang panjang, terungkapp bahwa kandungan nutrisi dan zat pada kurma memang sangat kompleks dan terbukti baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan pencernaan, tapi juga menyehatkan fungsi saraf dan tulang.

 

2Delima

liputan6.com

Salah satu jenis buah ini memang jarang terlihat di pasar buah. Hanya ada beberapa buah yang disebutkan dalam al-Quran, salah satunya adalah buah Delima. Buah Delima bahkan disebut sebanyak 3 kali di al-Quran. Bahkan, buah Delima juga buah yang akan menjadi hidangan surga. Dalam surat Ar-rahman ayat 68, Allah SWT berfirman:

“Di dalam kedua- duanya (syurga) juga terdapat buah- buahan serta pohon kurma dan delima”.

Khasiatnya : Buah Delima kaya akan kandungan vitamin, antioksidan dan mineral, seperti kalsium dan zat besi. Vitamin yang terkandung di antaranya : A, B3 (niasin), B9 (asam folat), C, dan E. Rata-rata, dalam 1 buah delima mengandung sekitar 40 persen vitamin C. Buah delima juga meningkatkan imun tubuh agar kebal terhadap penyakit. Serta mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.

 

3Zaitun

seruni.id

Buah zaitun telah tumbuh sejak 8000 tahun yang lalu di kawasan Mediterania. Buah zaitun berasal dari pohon Olea europea yang dapat tumbuh selama bertahun-tahun. Buah zaitun terbukti berkhasiat bagi kesehatan, diantara manfaatnya adalah mencegah berbagai jenis kanker, mencegah penuaan dini, menyehatkan pencernaan, mencegah penyakit jantung mengurangi resiko diabetes, memperbaiki penglihatan, mencegah asma dan membantu dalam mengobati anemia.

 

4Timun

metrotvnews.com

Siapa sangka buah-buahan yang kerap kali menjadi lalapannataupun teman pecel ayam ini juga disunahkan oleh Rasulullah untuk dikonsumsi. Selain mampu mengurangi tekanan darah tinggi, timun juga menyegarkan. Dan kabar baiknya, Timun banyak tumbuh di Indonesia dan bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Sehat memang tidak harus mahal kan?

 

5Anggur

grid.id

Allah SWT berfirman dalam surah Ar-Rad 4.

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.”

Anggur rupanya punya banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya adalah mengurangi peradangan, mencegah penyakit pikun,  melancarkan peredaran darah dan membersihkan pencernaan dari bakteri berbahaya.

6Labu

Inspirasipertanian.com

Siapa sangka buah yang satu ini menjadi salah satu favorit Rasulullah. Rasulullah sangat menggemari labu.  Rupanya, banyak fakta mencengangkan tentang labu. Diantaranya adalah khasiatnya yang luar biasa dan kaya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Labu juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Bagi yang sedang diet, labu berguna untuk mengontrol nafsu makan dan juga mencegah pembentukan batu ginjal.

Demikianlah beberapa buah yang disukai Rasulullah dan disunahkan untuk menemani saat-saat berbuka bersama keluarga maupun bersama teman perantauan bagi yang sedang berjuang di kota orang. Semoga bermanfaat. wabillahi taufiq wal hidayah wallahul Muwafiq ila aqwamith Thariq. Sampai berjumpa di khasanah selanjutnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here