Sumber : buzzfeed.com

Bagi kaum wanita, menstruasi merupakan hal lumrah yang dialami setiap bulannya. Haid pertama, pastinya merupakan momen yang nggak bisa dilupakan. Panik dan bingung pasti dirasakan karena tiba-tiba ada bercak darah di celana kita. Di beberapa negara, ada tradisi unik dan aneh saat haid pertama terjadi pada seseorang. Berikut diantaranya.

7Melumuri Wajah Dengan Darah

Sumber : buzzfeed.com

Sebuah tradisi di salah satu masyarakat Filipina ini bisa dibilang cukup menjijikan. Darah haid pertama dilumurkan ke wajah dengan tujuan mencegah adanya jerawat. Benar apa tidak ya?

6Makan Telur Rebus

Sumber : bbc.com

Makan telur rebus sih enak ya, apalagi jika dicampurkan dengan mie rebua atau goreng. Namun, di Ghana, ada tradisi yang cukup mencengangkan. Seorang wanita yang pertama haid harus menelan telur rebus secara utuh tanpa dikunyah. Konon telur rebus diibaratkan sel telur. Jadi kalau makannya sedikt-sesikit berarti seperti menggerogoti sel telur di dalam rahim.

5Menampar Pipi

Sumber : joancollinsarchive.blogspot.com

Di beberapa budaya negara Timur Tengah dan Eropa, seperti Afganistan, Turki, Perancis, dan Yunani, jika seorang cewek pertama kali haid, maka keluarganya harus menampar si cewek itu sampai pipinya merah. Konon, tujuannya agar pipi si cewek kelihatan merah merona.

4Wajib Makan Seikhan

Sumber : redbook.com

Di negeri Sakura, seorang wanita yang haid pertama harus makan makanan tradisional bernama Seikhan. Bahannya terbuat dari nasi dan kacang-kacangan. Di samping itu, keluarga merayakan pesta kecil dan menebak apakah anak cewek tersebut sudah haid atau belum.

3Menjilat Madu

Sumber : shtterstock.com

Kalau tradisi ini sih ya enak-enak saja ya?. Di masyarakat tertentu di Israel, seorang cewek yang baru pertama haid diharuskan menjilat sesendok madu. Harapannya agar haid ke depan selalu lancar.

2Minum Minyak dan Telur Mentah

Sumber : shutterstock.com

Di negara India, ada sebuah masyarakat yang melakukan tradisi minum minyak dan telur mentah. Selain itu, ai cewek tidak boleh keluar kamar selama seminggu kecuali ke toilet. Selanjutnya pakaian yang dikenakan juga harus dibuang setelah haid selesai. Segitunya amat ya ?

1Melewati Garis Kapur

Sumber : videoblocks.com

Di Negara Fiji ada tradisi unik untuk cewek yang baru haid. Ia akan diminta melewati garis yang dibuat dengan kapur. Garis ini dibuat di pintu masuk depan rumah. Garis ini menunjukkan berapa lama masa periode haid yang dialami. Umumnya sekitar 3,5 hari.

Unik sekali ya berbagai tradisi masyarakat dunia dalam menyambut haid pertama seorang cewek. Bagaimanapun juga tradisi tersebut menunjukkan perhatian masyarakatnya terhadap si cewek. Hanya mungkin caranya saja ada yang nggak nyaman banget. Silahkan bagikan artikel ini jika cukup menarik ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here