Sumber: www.cariapa.web.id

Wilayah Ring of Fire ditandai dengan banyaknya gunung api. Deretan pegunungan aktif itu bisa mengeluarkan magma sewaktu-waktu sebagai aktivitas vulkanik dan pergeseran lempeng. Nggak heran kalau daeran cincin api tersebut paling banyak mengalami gempa bumi.

Nggak hanya itu, lempeng bawah laut Samudera Pasifik juga dikenal paling aktif di dunia. Mereka bisa bergeser sewaktu-waktu dan memicu timbulnya gelombang tsunami. Sebagai salah satu negara yang ada di daerah Ring of Fire, Indonesia punya sederet gunung api aktif hingga kini.

Lalu bagaimana dengan gunung api di wilayah cincin api lainnya?

1Seperti dilaporkan oleh USGS William Yeck bila di daerah cincin api terdapat 452 gunung api aktif yang bisa meletus sewaktu-waktu.

Sumber: nasional.sindonews.com

2Sementara itu United Natios Secretariat International Strategy for Disaster Reduction (UNISDR) melaporkan bila gunung api di Ring of Fire mencakup 90 persen gunung berapi di dunia.

Sumber: openlearningworld.com

3Gunung berapi di area Ring of Fire cenderung aktif terus menerus.

Sumber: theeventchronicle.com

4Wilayah cincin api disebut-sebut paling panjang di dunia, yakni mencapai 40.000 km.

Sumber: geologylearn.blogspot.com

5Luas daerah tersebut meliputi Indonesia, Filipina, Selandia Baru, Jepang dan masuk ke Kepulauan Aleutian, Alaska, Kanada, Pantai Barat AS sampai Amerika Selatan. Bentuk yang nyaris melingkar itu mirip dengan cincin.

Sumber: sciencetrends.com

6Gerakan lempeng di daerah Samudera Pasifik pada umumnya saling bertabrakan dan berlawanan arah. Itulah sebabnya daerah disekitarnya sering mengalami gempa.

Sumber: www.smore.com

7Berikut titik-titik gempa yang terjadi akibat gunung api di daerah lempeng Pasifik pada tahun 1900-1999.

Sumber: www.hipwee.com

8Saat lempeng bergeser, lempeng lainnya akan terdorong ke bawah. Inilah kemudian yang mengakibatkan gempa.

Sumber: 360tv.ru

9Gempa di Chili pada 1960 disebut-sebut paling mengerikan dan besar akibat aktivitas lempeng Pasifik.

Sumber: www.misterifaktadanfenomena.com

Hingga kini para ilmuwan di bidang geologi masih mencari pergerakan lempeng di cincin api. Dilaporkan pula bila gunung api di Ring of Fire akan terus aktif. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here