Sumber: www.youtube.com

Gempa Lombok kembali terjadi pada Minggu malam (5/8/2018) dengan kekuatan mencapai 7.0 skala richter (SR). Aiibatnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengeluarkan peringatan tsunami.

Bukan tanpa alasan, peringatan tersebut berdasarkan naiknya air laut yang mencapai 13 cm di bagian pantai Lombok Utara. Sehingga Lombok Barat dan Timur berstatus waspada. BPBD juga memerintahkan masyarakat untuk menjauh dari pantai mengingat guncangan yang cukup besar.

Status waspada juga diberikan mengingat beberapa musibah tsunami yang datang tanpa diduga. Berikut ini merupakan deretan peristiwa maha dahsyat tsunami yang menelan ratusan ribu korban jiwa!

1Tsunami Aceh

Sumber: abc.net.au

Pada 24 Desember 2004, Aceh diguncang gempa berkekuatan 9,1 hingga 9,3 skala richter (SR). Peristiwa ini mengakibatkan tsunami yang menyapu seluruh daratan Aceh. Dilaporkan 230.000 ribu orang meninggal dan hilang. Infrastruktur rusak parah  dan seluruh jalan hancur. Indonesia berduka dan hingga kini peringatan Tsunami Aceh masih terus dikenang sebagai musibah paling besar disepanjang sejarah.

2Tsunami di Laut Mediterania

Sumber: www.vebma.com

Meski terjadi 8000 tahun lalu, namun peristiwa tsunami ini tercatat yang paling maha dahsyat. Saat itu gunung berapi menyebabkan longsoran salju di Sisilia. Kecepatan yang mencapai 200 mph (321 km/jam) memicu tsunami di seluruh perairan Mediterania.

Catatan geologis menuliskan bila tsunami yang terjadi saat itu lebih tinggi dari 10 lantai. Wah, kebayang dong gimana porak porandanya daratan bumi waktu itu?

3Tsunami akibat Krakatau

Sumber: npr.org

Ratusan tahun lalu, Indonesia juga pernah mengalami duka yang mendalam. Pada tahun 1800-an, Gunung Krakatau mengalami letusan yang begitu dahsyat. Akibatnya, nggak hanya di wilayah Indonesnia, namun beberapa negara di benua seperti Amerika, Australia hingga Afrika merasakan guncangannya.

Kekuatan ombak saat itu mampu mendorong karang sebesar 600 ton ke pantai. Gempa yang tercatat dalam sejarah dunia ini memicu tsunami dan menenggelamkan 36.000 masyarakat Indonesia yang meliputi daerah Jawa Barat dan Sumatera.

4Tsunami Jepang

Sumber: nabilaqurota1011000015.blogspot.com

Bukan pertama kalinya Jepang mengalami gempa bumi. Negara matahari terbit ini bahkan tercatat puluhan kali mengalami guncangan selama satu tahun. Akibatnya setiap rumah dan bangunan dirancang khusus untuk menanggulangi dampak gempa sewaktu-waktu.

Ombak setinggi 30 meter yang disebabkan oleh gempa bumi dahsyat mengakibatkan gempa bumi. Air bah dari laut tersebut menyapu pantai timur Jepang. Akibatnya dilaporkan 27.000 orang meninggal dunia dan ribuan menghilang.

5Tsunami Chili

Sumber: www.nationalgeographic.org

Pada 22 Mei 1960, sebuah gempa bumi besar dengan kekuatan 8.6 skala richter pernah mengguncang Chili. Akibatnya dalam waktu 15 menit, air laut naik ke daratan dengan tinggi 25 meter. Peristiwa kelam itu mengakibatkan 1500 nyawa melayang di Chili dan Hawai.

Guys, nggak ada yag tahu kapan bencana akan datang. Oleh sebab itu, yuk mulai berbuat kebaikan dan berdoa untuk saudara-saudara kita di Lombok. #PrayforLombok. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here