Sumber: tribunnews.com

Iklan sejatinya adalah media yang digunakan oleh produsen untuk memasarkan produknya, baik melalui media cetak atau pun televisi. Pembuatan iklan juga tidak boleh ngasal, karena harus mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Sebagaimana iklan di televisi, tentunya sang pembuat iklan juga harus mematuhi standar yang telah ditetapkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). KPI sendiri adalah sebuah lembaga yang bertugas untuk mengawasi tayangan maupun iklan yang ditampilkan di televisi nasional.

Jika tidak dipatuhi, maka KPI berhak untuk membuat teguran atau bahkan menghentikan tayangan iklan tersebut di televisi. Sampai saat ini juga sudah banyak iklan yang gagal tayang di televisi nasional karena tak memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh KPI, mayoritas karena berisi konten yang terlalu vulgar. Berikut adalah 7 iklan kontroversial yang dianggap terlalu vulgar.

1Pompa Air Shimizu

Yang pertama adalah iklan pompa air Shimizu. Iklan ini dianggap tidak layak tayang di televisi karena menggunakan model dengan pakaian yang sangat seksi dan mengandung lelucon vulgar. Selain itu, iklan ini juga sering kali tayang saat prime time sehingga banyak ditonton oleh anak-anak.

2A Mild

Sumber: akurat.co

Iklan rokok di televisi memang tayang di atas pukul 21:00 WIB, akan tetapi mayoritas produsen rokok juga membuat iklan berupa billboard yang kemudian di pasang di tempat-tempat umum. Salah satu iklan rokok yang mengundang kontroversi adalah iklan A Mild versi ‘Mula-mula malu-malu, lama-lama mau’. Iklan itu menggambarkan dua pasangan yang hendak berciuman, sehingga masyarakat pun resah karena dinilai bisa mengundang tindak asusila.

3Softener So Klin

Iklan dari So Klin juga pernah mendapat teguran dari KPI, yakni untuk iklan varian Twilight Sensation. Iklan itu dinilai melanggar batasan muatan kesusilaan dengan berulang kali menyorot lekuk tubuh model wanita. Pihak KPI pun meminta perusahaan untuk melakukan editing agar iklan mereka layak tayang.

4On Clinic

On Clinic adalah perusahaan yang menawarkan jasa untuk mengatasai berbagai persoalan mengenai vitalitas pria. Meskipun tidak menggunakan model yang seksi, namun KPI tetap memberikan teguran karena iklan yang memuat materi dewasa itu sering kali tayang pada saat prime time.

5New Era

Selanjutnya adalah iklan dari New Era yang mendapat teguran dari KPI. Iklan ini memang bisa dibilang cukup aneh, karena menggunakan model yang seksi dengan tarian erotis. Padahal mereka tengah memasarkan produk baru yang berupa sepatu boots. Sehingga bisa dibilang sama sekali tidak ada hubungannya antara sepatu boots dengan wanita seksi yang menari erotis.

6Cat Avian

Iklan dari Cat Avian juga pernah mendapat teguran dari KPI. Iklan tersebut dianggap melanggar norma kesusilaan, karena menyorot bagian paha model wanita yang sedang mengibaskan roknya.

7Iklan Kondom Sutra OK

Yang terakhir adalah iklan kondom Sutra OK versi billiard, yang di mana iklan itu sendiri mengambil latar di tempat permainan billiard. Iklan itu menampilkan model dengan pakaian yang sangat seksi dan sesekali berbicara dengan suara mendesah yang membangkitkan nafsu. Selain itu, dalam iklan tersebut kamera juga sering tertuju pada bagian payudara sang model sehingga dengan jelas memperlihatkan belahan payudaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here