Sumber: StadiumDB.com

Resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia telah mempersiapkannya dengan baik sejak jauh hari termasuk dalam hal paling krusial, yakni stadion. Beruang putih merupakan negara maju dengan deretan fasilitas mumpuni.

Bahkan untuk mempersiapkan World Cup 2018, mereka tak perlu repot-repot lagi. Sebab negara ini telah memiliki deretan stadion megah dengan teknologi canggih.

Berbeda dengan perhelatan sebelumnya yang hanya diadakan di satu kota suatu negara. Justru Rusia telah mempersiapkan 11 kota dengan 12 stadion yang akan menjadi saksi dari pesta bola dunia paling meriah ini.

Penasaran kan seperti apa kemegahan stadion Piala Dunia 2018 di Rusia? Let’s check this out!

1Kazan Arena

Sumber: StadiumDB.com

Kazan Arena dirancang oleh arsitek yang sama dengan stadion megah di Inggris, yakni Wembley dan Emirates. Bila dilihat dari sisi atas, bangunan hampir menyerupai dengan bunga teratai. Dinding bangunan memiliki warna merah dan putih yang menjadikannya tampak gagah dan megah.

Stadion yang biasa digunakan oleh klub Rubin Kazan ini dilengkapi dengan fasilitas mumpuni untuk para supporter dan pemain, salah satunya adalah layar yang digadang-gadang paling besar di dunia. Nggak perlu khawatir berdesak-desakan, sebab Kazan Arena bisa menampung 42.378 penonton.

2Stadion Luzhniki

Sumber: dinamicadigital.cl

Sebagai ibu kota Rusia, sudah barang tentu Moskow akan menjadi kota yang paling disorot. Salah satu stadion yang menjadi saksi dari perhelatan dunia ini adalah Luzhniki yang memiliki daya tampung 80 ribu penonton.

Selain digunakan untuk pembukaan, stadion ini juga bakal jadi saksi kemenangan dari salah satu tim yang berhasil menaklukkan final.

3Ekaterinburg Arena

Sumber: www.dreamteamfc.com

Kota Yekaterinburg juga dipilih menjadi salah satu tempat yang akan menjadi saksi sejarah Piala Dunia 2018. Di sinilah Ekaterinburg Arena berdiri sebagai salah stadion paling megah di Rusia.

Sebagai markas dari klub FC Ural, Ekaterinburg dibangun pada tahun 1950an. Meski sempat menimbulkan pro dan kontra karena dilengkapi dengan tribune luar ruangan, namun stadion ini dipastikan bakal menjadi tempat terselenggaranya Piala Dunia 2018.

4Stadion Spartak

Sumber: squir.com

Stadion Spartak juga terletak di Moskow. Dengan bangunan super megah dan keunikan seperti patung gladioator, stadion ini bisa menampung 45 ribuan penonton. Dipastikan pula disinlah lima pertandingan akan digelar, salah satunya babak 16 besar.

5Stadion Fisht

Sumber: www.tribunnews.com

Sochi juga terpilih sebagai salah satu kota yang bakal menjadi pusat keramaian dari Piala Dunia 2018. Populer dengan destinasi wilsatanya karena terletak di Pesisir Laut Hitam, kota ini juga menjadi tempat berdirinya Stadion Fisht.

Demi melengkapai persyaratan sebagai stadion untuk FIFA, Fisht yang tadinya dilengkapi dengan atap tertutup mulai direnovasi dan diperbaiki dengan fasilitas yang lebih mumpuni. Stadion ini dapat menampung setidaknya 47 ribuan penonton.

Stadion yang digunakan untuk Piala Dunia harus sesuai dengan ketentuan dan tentunya bisa menampung pilihan ribu orang. Oleh sebab itu, fasilitas, keamanan dan kenyamanan harus diperhatikan baik. Rusia adalah negara yang tepat untuk FIFA 2018 karena memiliki belasan stadion megah dan terbaik. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here