Sumber: www.lonelyplanet.com

Pernahkah kamu melihat deretan foto para traveler yang berkunjung ke Maroko? Pasti yang ada di benak adalah bangunan kuno dengan arsitektur menarik, pernah-pernik khas menyerupai Bohemian, hingga ragam kuliner serta museum.

Salah satu kota terbesar di Maroko selain Casabalanca adalah Fez. Kota ini memegang pengaruh penting utamanya dalam hal pariwisata. Menariknya, kota yang yang memiliki populasi 1.1 juta orang pada tahun 2014 ini di sebut sebagai Kota Tua Madina.

Untuk bahan pertimbanganmu menjelajahi dunia, berikut fakta mengenai The Old Madina di Maroko!

1Tak ada mobil

Sumber: girlunfurled.com

Sekitar 10.000 jalanan Fez benar-benar bebas mobil. Beberapa kendaraan bermotor, seperti sepeda mesin memang terlihat berlalu lalang. Namun kamu akan mendapatkan suasana nyaman untuk berjalan kaki. Bukan tanpa alasan, sebab seluruh wilayahnya merupakan situs warisan dunia UNESCO.

2Punya jam air tertua di dunia

Sumber: friendlymorocco.com

Sebelum teknologi semaju sekarang, para ilmuwan di Maroko menciptakan sebuah jam yang bergerak dengan menggunakan tenaga air. Fez merupakan kota yang menyimpan warisan yang dibangun pada 1357 dan diberi nama Dar al-Magana. Kini jam tersebut dalam proses rekonstruksi.

3Di sini topi Fez berasal

Sumber: vagrantsoftheworld.com

Topi Fez merupakan fashion item yang paling dicari oleh pecinta mode. Aksesoris satu ini ternyata berasal dari Maroko dan dibuat sejak abad ke 19. Saking populernya, juga diproduksi di Turki, dan Perancis. Sedangkan kualitas terbaiknya tentu buatan Fez.

4Kota kekaisaran Maroko

Sumber: www.bloomberg.com

Maroko sendiri ternyata memiliki empar ibukota, salah satunya adalah Fez. Kota ini didirikan sejak tahun 789 M dan merupakan ibukota dari dinasti Idrisid, Marinid, Wattais dan Alaouite. Tak ayal jika wilayah ini disebut dengan kota kekaisaran.

5Memiliki universitas tertua di dunia

Sumber: medina-center.ru

Jika kamu berpikir bila Universitas Oxford merupakan kota tertua, tentu saja salah. Sebab, sebenarnya universitas tertua di dunia adalah Al-Qarawiyih yang didirikan pada tahun 859 M bersamaan dengan dibangunnya Masjid terbesar di Afrika. Meski sudah berusia 1100 tahun, namun pusat pendidikan itu masih kokoh dan bagus hingga saat ini.

Melihat suasana Maroko yang kental akan kebudayaannya, negara di Afrika ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri. Tertarik datang ke Fez? (ind/flk)

Source: Afk Travel

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here