Sumber: www.hindustantimes.com

Tuan rumah Piala Dunia, Rusia disebut-sebut banyak alami peningkatan setiap tahunnya. Tim nasional mereka berhasil memasukkan bola di kandang Spanyol dalam adu pinalti. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana hal ini terjadi.

Emang sih sebelum Piala Dunia dimulai, banyak pihak yang menganggap ragu negara ini. Skeptisme mulai berdatangan pada Stanislav Cherchesov. Namun rupanya dugaan terhadap Rusia meleset. Tuan rumah berhasil mengalami kemajuan dan menjadi kebanggan bagi negara mereka.

Yang hingga kini masih menjadi pertanyaan, apa alasan di balik kesuksesan mereka?

1Tim dan staf saling mendukung

Sumber: www.skysports.com

Sudah dua tahun tim Rusia dibawah pelatihan Stanislav Cherchesov. Sebelum utuh seperti saat ini, tim banyak mengalamai perombakan pemain.

Dilansir dari FIFA, Illya Kutepov menerangkan bila tim nasional yang sudah terbentuk, baik senior maupun junior saling mendukung satu sama lain. Nggak ada siapa pendahulu dan siapa yang baru saja bergabung. Semuanya sama aja.

Ditambah pula dengan staf dan pelatih yang saling bekerja sama dengan baik. Sehingga tim banyak menuai hasil kekompakan mereka di Piala Dunia ini.

2Dukungan dari fans

Sumber: www.sportingnews.com

Seluruh penduduk Rusia antusias dengan World Cup yang kali ini diselenggarakan di negara mereka. Dukungan dari para penggemar begitu besar terahdap tim nasional mereka. Saat Igor Akinfeev menyelamatkan bola yang dibawa oleh Lago Aspas, supporter mulai berteriak-teriak sampai media menyebutnya seperti gemuruh pesawat terbang.

Pemain gelandang, Roman Zobnin berkata bila bukan karena fans, mungkin tim nasional tidak akan menunjukkan performa terbaik seperti kini. Sembilan puluh lima persen dari keberhasilan ini adalah untuk para supporter yang telah sepenuhnya mendukung. Dorongan dan semangat mereka membuat tim nasional maju sejak pertandingan pertama.

3Dedikasi total

Sumber: soccer.com

Pada tahun-tahun lalu, salah satu kelemahan dari tim nasional Rusia adalah mereka tidak bekerja cukup keras. Namun tidak berlaku untuk sekarang. Apalagi Piala Dunia diselenggarakan di kandang sendiri.

Striker Artem Dzyuba mengungkapkan bila pertandingan melawan Spanyol merupakan tolak ukur mereka. Satu-satunya upaya untuk bisa menang adalah dengan berjuang dan berusaha. Akhirnya tim pun percaya jika pengorbanan, kepercayaan diri, disiplin dan kerja keras adalah aspek utama untuk menang.

4Penuh taktik

Sumber: www.dailymail.co.uk

Tidak mudah menentukan taktik dari tim nasional Rusia. Pada laga tahun ini mereka mencoba untuk mengeksploitasi kelemahan lawan dengan strategi yang sudah direncanakan.

Sebelum melawan Spanyol, mereka sudah mencari tahu lebih dahulu tentang tim nasional tersebut. Meliputi bagaimana mereka menyerang, hingga masalah apa yang mereka hadapi di pertahanan.

5Kondisi fisik mumpuni

Sumber: scsport.ba

Banyak pujian yang dilontarkan pada tim nasional Rusia tahun ini. Seperti diungkap oleh pelatih mereka, para pemain rajin datang ke pusat kebugaran. Ditambah pula dengan latihan fisik ekstra, seperti lari jarak jauh.

Nggak ada hasil yang mengkhianati usaha, guys. Kalau mau menang, maka harus berlatih dan berusaha keras memang. Thumbs up buat tim tuan rumah Piala Dunia 2018! (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here