Sumber : www.tribunnews.com

Beberapa waktu ini, dunia jagad maya dikejutkan dengan adanya buah durian yang harganya nggak wajar banget. Durian yang dijual di sebuah supermarket di Tasikmalaya bernama Supermarket Asia Plaza itu memang punya harga yang membuat mata terbelalak. Bagaimana tidak? jika biasanya kita membeli durian seharga 100 sampai 200 ribuan saja, maka durian yang dijual itu dibanderol dengan harga Rp. 14 juta per buahnya. Lalu apa yang membuat durian yang berjenis J-Queen ini bisa semahal itu? berikut ini alasannya.

Sangat Langka

Sumber : www.hipwee.com

Durian ini berasal dari varietas hasil perkawainan beberapa jenis durian yang unggul dari Indonesia. Seorang anak muda lulusan Universitas Islam Indonesia (UII) menemukan varietas durian ini. Dari segi rasa, konon durian ini sangat unik. Perpaduan antara mentega dan rasa kacang akan terasa saat menggigitnya dan jatuh ke lidah. Dari bentuknya juga sangat menarik dan sempurna yang tampak dari enam garis bujur buahnya.

Sering Memenangkan Kontes

Sumber : www.islampos.com

Hal selanjutnya yang membuat durian ini sangat mahal karena sudah sering memenangi kontes. Durian J-Queen sudah menjadi juara beberapa kali dalam lomba durian terbaik di Propinsi Jawa Tengah. Bahkan, durian ini mengalahkan jenis Mussang King dari Malaysia saat ikut lomba disana. Keunikan rasa kacangnya dianggap lebih unggul dari Mussang king yang hanya punya rasa mentega. Dari segi wangi pun, J-Queen lebih harum daripada Mussang King.

Bukan yang Paling Mahal

Sumber : www.majapahit.net

Seorang ahli durian bernama Sudarno, menyebutkan bahwa ternyata J-Queen bukanlah durian termahal di Indonesia.Menurutnya, masih ada jenis durian yang lebih mahal yaitu jens durian Tai Babi. Durian dengan nama ‘aneh’ ini diharga Rp. 50 juta.

Sumber : www.cilisos.my

Di negara Asia Tenggara sendiri di Thailand, ternyata masih ada jenis durian dengan harga yang lebih mencengangkan. Di sebuah provinsi bernama Si Sa Ket, pernah ada durian yang dilelang dengan harga fantastis, yaitu 150.000 Baht. Jika dirupiahkan, durian ini bernilai Rp. 66 juta per buahnya. Lelang tersebut diadakan pada bulan September 2018 lalu di Distrik Kantharak. Durian tersebut bisa mahal karena tumbuh di tanah yang mengandung potasium hasil letusan gunung merapi dan kerapkali disebut sebagai durian vulkanik.

Buat para sultan, mungkin durian harga di atas tidak masalah. Tapi buat kita, lebih baik beli durian yang standar saja atau cukup membeli es krim durian saja ya? hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here