Sumber : sindonews.com

Beberapa saat lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di asia Tenggara. Perhelatan yang akan digelar di dua provinsi yaitu di Palembang dan jakarta serta kota pendukung akan digelar pada tanggal 18 Agustus 2018. Sebelum dimulainya Asian Games biasanya ada sebuah tradisi yaitu obor yang dibawa berkeliling negara-negara Asia dan menjelajahi kota-kota di Indonesia. Ada beberapa fakta unik seputar obor Asian Games ini, berikut diantaranya.

5Berasal dari India

Sumber : tengok.id

Obor Asian Games diarak mulai dari india. Hal ini karena India merupakan negara pertama yang menyelenggarakan Asian Games. Pada tahun 1951 kota New Delhi terpilih menjadi tuan rumah. Api diterbangkan dari negara India sejak tanggal 15 Juli dan sudah tiba di Yogyakarta pada tanggal 17 Juli 2018.

4Harus tetap menyala

Sumber : liputan6.com

Obor Asian Games yang dibawa pesawat Boeing 737 400 milik TNI Angkatan Udara harus tetap menyala meskipun di bawah melalui pesawat terbang. Untuk mencegah api obor Asian Games padam, maka obor tersebut dimasukkan ke dalam Kinder box yang berbahan bakar gas. Setiap kali bahan bakar hampir habis maka akan diisi kembali agar apinya tidak padam.

3Dibawa oleh tokoh dunia olahraga yang terkenal

Sumber : sindonews.com

Orang-orang yang mengantarkan obor tersebut bukanlah orang yang sembarangan. Obor biasanya dibawa oleh tokoh terkenal atau mantan atlet yang telah berprestasi mengharumkan indonesia. Salah satunya pernah dibawa oleh Susi SusantiĀ  yang merupakan mantan atlet bulutangkis yang meraih media medali emas di Olimpiade. Ia membawa obor tidak sendiri melainkan ditemani oleh 30 atlet Indonesia lain tak ada juga 500 atlet India yang berlari di belakang obor.

2Digabungkan dengan api abadi Merapen

Sumber : jawapos.com

Sampai di Yogyakarta , obor diinapkan selama sehari. Selanjutnya pada tanggal 18 Juli obor dibawa ke Candi Prambanan digabungkan dengan api Merapen. Api ini merupakan api abadi yang timbul dari fenomena gas alam yang hingga kini tidak pernah padam. Api Merapen juga dipakai dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional.

1Di bawa sejauh 18000 km

Sumber : liputan1.com

Setelah digabungkan dengan api Merapen, kemudian di arak keliling Indonesia. Jarak yang ditempuh oleh obor sangat panjang yaitu 18000 km. Wilayah yang dilintasi api obor yaitu 54 kabupaten di 18 provinsi. Diperkirakan tiba di stadion gelora Bung Karno pada 18 Agustus 2018 sekaligus sebagai pembukaan Asian Games.

Itulah tadi beberapa fakta seputar over Asian Games. Sebagai tuan rumah, kita harus mendukung terselenggaranya event ini. Semoga Indonesia dapat meraih prestasi setinggi-tingginya di Asian Games kali ini.

Sumber : okezone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here