glamourindonesia.com

Gak ada satu orangpun di bumi ini yang bisa hidup sendirian. Semua orang membutuhkan satu sama lain untuk bertahan hidup. Manusia adalah makhluk sosial, tak ada satupun aktifitas yang tidak melibatkan masalah sosial.

Tetapi, meskipun bersosial itu penting, setiap orang harus punya batasannya sendiri yang memisahkan antara privasi dan sosial. Gak sedikit orang-orang yang tidak memiliki skill dalam hal ini dan malah mencampur adukan keduanya.

Berikut ini adalah 5 alasan kenapa kamu gak bolah terlalu bebas dalam bersosial, semua hal itu ada batasnya, ketahuilah batasanmu sekarang juga. Simak ulasannya di bawah ini.

1Setiap manusia memiliki hal-hal yang tidak boleh di ganggu oleh orang lain

www.viva.co.id

Meski dirimu terkenal dengan orang yang sangat terbuka, kamu gak boleh mengusik kehidupan orang lain. Kamu harus bisa menempatkan batasan yang mana privasi dan yang mana umum.

2Saling membantu bukan berarti ikut campur

www.jawaban.com

Sebagai makhluk sosial yang sadar akan peranan kita masing-masing, kita juga harus mau saling membantu satu sama lain, tetapi itu bukan berarti kamu harus ikut campur lebih dalam. Membantu hanya sebagai mediasi, kamu gak boleh ikut campur sampai ikut-ikutan dalam masalah orang lain. Itu sama saja melanggar privasi.

3Kamu harus fokus dengan diri sendiri

www.bernas.id

Bukan berarti kamu harus menjadi orang yang apatis dan cuek dengan masalah sosial, tetapi sadarilah bahwa kamu juga memiliki kewajiban untuk memenuhi kebahagiaanmu sendiri. Berfokuslah terhadap diri, cukup ikatkan kehidupan sosial pada urutan nomor dua.

4Hidup memang saling terikat, tetapi kamu harus tetap menghargai jarak

glamourindonesia.com

Tidak ada kegiatan yang tidak melibatkan interaksi sosial dewasa ini. Semua orang membutuhkan komunikasi untuk dapat berkontribusi dengan masyarakat pekerja lainnya. Tetapi, ikut terlibat bukan berarti harus mencampurkan kehidupan pribadi dan umum. Kalian memang saling terikat, tetapi tetap harus menghargai jarak.

5Berikanlah kedamaian terhadap diri secara rutin

www.kompasiana.com

Kamu juga harus menghargai waktu untuk berkontemplasi dengan dirimu sendiri. Meski kamu adalah orang yang tidak biasa sendirian, kamu setidaknya harus menyisihkan waktumu untuk memperoleh kedamaian di dalam diri. Setiap manusia sangat membutuhkan momen ini untuk kesehatan mental dan jasmani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here