Ada banyak sekali buah-buahan yang ada di dunia. Dan diantara itu ada beberapa buah yang disukai rasulullah. Kali ini Serambi Hati akan membahas salah satu buah tersebut. Lalu, buah apa yang dimaksud, dan apa saja keutamaan buah tersebut sehingga rasulullah menganjurkan untuk mengonsumsinya. Mari kita cari tahu bersama-sama

Siapa sangka jika buah labu juga termasuk buah yang difavoritkan oleh Rasul. Buah yang mudah ditemukan di tanah Indonesia ini juga termasuuk buah yang murah meriah.

Berikut serambi hati sajikan beberapa hal mengenai buah Labu

 

1Hadist tentang Buah Labu

Plukme.com

Mengutip hadist yang diriwayatkan Muslim, Anas bin Malik sahabat dekat Rasulullah mengatakan, pernah ada seorang penjahit yang mengundang Rasulullah untuk pesta dan makan hidangannya. “Aku pergi bersama dengan Rasulullah ke pesta itu. Dia menyajikan roti gandum, sup labu dan potongan daging. Aku melihat Rasulullah pergi setelah menghabiskan satu piring sup labu, jadi saya selalu menyukai labu sejak saat itu.”

Pada riwayat lain, juga disebutkan bahwa

Anas bin Malik juga mengatakan dalam hadist yang diriwayatkan Tirmidzi, Nabi sangat menyukai labu. Dia membawa makanan terbuat dari labu dan mengajak makan. “Aku mengambil labu di meletakkan di piringnya karena saya tahu dia menyukainya.”

 

2Riwayat dari Aisyah

Agrowindo.com

Aisyah pernah diperintahkan oleh Rasulullah ketika memasak untuk menambahkan labu yang lebih banyak karena dapat memperkuat jantung. Rasulullah bukanlah yang pertama diantara para nabi yang memakan labu dan menjelaskan manfaat kesehatannya.

 

3Kisah Nabi Lain yang berhubungan dengan buah Labu

Kabarmakkah.com

Pada kisah Nabi Yunus AS, ketika Nabi Yunus AS keluar dari perut paus selepas berhari-hari berdiam diri di sana, saat membersihkan diri, Nabi Yunus menemukan labu dan memakannya untuk membantu memulihkan kondisi tubuhnya yang lemas.

 

4Manfaat Kesehatan

hargabulanini.com

Tak hanya buahnya, daun labu juga dapat dimanfaatkan untuk obat yang dapat menyembuhkan luka kulit. Berikut beberapa manfaat buah labu bagi kesehatan, diantaranya Menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit diabetes, menurunkan resiko penyakit hipertensi, meredakan stres dan memperbaiki mood, menjaga kesehatan pernapasan, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan.

Medical News Today dalam penelitiannya menyatakan bahwa labu kaya dengan vitamin A dan C. Mangonsumsi labu baik untuk kesehatan jantung. Labu mengandung serat, kalium dan vitamin C yang baik untuk asupan jantung. Labu juga berkhasiat dapat menurunkan risiko kanker prostat dan kanker usus besar.

 

5Mengenal Jenis-jenis Buah Labu

Inspirasipertanian.com

Ada beberapa jenis labu siam. Beberapa yang familiar diantaranya. Labu Siam, labu yang biasa digunakan sebagai sayur dan manisan. Labu siam biasanya ditanam dekat pekarangan rumah dan dekat sumber air. Selain labu siam, juga ada Labu Kuning atau juga disebut Labu Parang, biasanya untuk bahan perayaan hallowen, jangan salah, labu kuning juga bisa dimakan dan Labu Air.

 

6Olahan Masakan Berbahan Dasar Labu

selerasa.com

Jika kita menulis di halaman pencarian mengenai resep masakan dari labu, akan banyak sekali resep yang muncul, ada ribuan. Labu memang bisa diolah menjadi masakan apa saja. Bahkan labu juga bisa diolah menjadi makanan unik seperti : Donat, Mie yang biasanya berbahan dasar tepung juga diganti Labu, kue lumpur yang biasanya kentang juga bisa diubah berbahan labu, bolu labu juga tidak kalah enak. Lab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here