Sumber: pleiadedolphininfos.blogspot.com

Bintang kecil di langit yang tinggi, amat banyak menghias angkasa

Kutipan lagu tersebut pasti tidak asing di telingamu, bukan? Bintang kecil menjadi lagu yag paling dihafal oleh anak-anak. Selain karena liriknya yang mudah diingat, nadanya pun sederhana.

Melalui lagu tersebut, orang membayangkan bila bintang di angkasa berukuran kecil sebiji jagung. Untuk menjadikan imajinasi anak-anak nyata, maka dibuatlah persegi lima sebagai simbol dari stars.

Jika dilihat dari bumi, jarak bintang seperti hanya beberapa meter saja. Cahayanya yang terang dan berkelap-kelip menjadikannya sebagai benda paling romantis dan menarik. Tapi tahukah kamu apa sebenarnya bintang itu? Dari pada penasaran, cari tahu yuk!

1Ukuran bintang lebih besar dari matahari

Sumber: www.sciencenews.org

Guys, tahu tidak kalau ternyata setiap bintang yang kamu lihat malam hari itu sebenarnya memiliki ukuran yang lebih besar dari matahari kita.

Dari 5000 bintang di langit, yang redup kira-kira memiliki ukuran sama dengan matahari. Sementara yang terang ukurannya jauh lebih besar.

Sedangkan dari 50 bintang yang paling terang bila dilihat dari bumi, Alpha Centauri lah yang terangnya 1,5 kali dari matahari kita dan hanya bisa dilihat dari bumi bagian utara.

2Jumlah bintang yang terlihat setiap malam tidak sampai satu juta

Sumber: versesofuniverse.blogspot.com

Jika dalam lagu, iklan hingga puisi biasanya disebutkan berjuta bintang di langit. Maka hal tersebut tidak benar. Nyatanya, di malam biasa dengan pencahayaan normal dari matahari, ada sekitar 2000-2500 bintang yang mungkin bisa dilihat dari bumi pada satu waktu.

3Bintang merupakan bebatuan hitam

Sumber: ameblo.jp

Selama ini bayangan tentang bintang adalah benda kecil yang bercahaya. Namun nyatanya bintang merupakan bebatuan hitam yang menyerap semua radiasi elektromagnetik, seperti gelombang radio, cahaya dan lain sebagainya.

Gelombang yang masuk ke tubuh bebatuan tersebut tidak dipantulkan kembali. Itu artinya, bintang dapat menyerap cahaya dengan sempurna.

4Tidak ada bintang yang berwarna hijau

Sumber: it.wikipedia.org

Ilmuwan berpendapat bila Beta Librae merupakan bintang berwarna hijau. Namun ternyata hal tersebut tidak ada. Warna hijau yang ditimbulkan sebenarnya berasal dari efek optik dari teleskop.

Sementara bintang sendiri memancarkan spektrum pelangi dan tak pernah terdiri dari satu warna. Apabila ia memiliki warna putih terang, itu artinya suhu bebatuan tersebut sedang berada di titik rendah.

5Bintang tidak gemerlap

Sumber: voaindonesia.com

Bintang digambarkan sebagai benda kecil yang gemerlap tergantung di angkasa. Namun faktanya, cahaya gemerlap tersebut bukanlah berasal dari dirinya sendiri.

Saat bebatuan tersebut melewati atmosfer bumi, maka ia harus melewati banyak lapisan rapat yang berbeda-beda tekanan dan jenis. Cahaya matahari yang menyinari bintang ini kemudian akan membelot hingga akhirnya menimbulkan efek gemerlap.

Kalau selama ini kamu percaya bahwa bintang itu benda paling indah dan romantis. Maka mulai saat ini buang jauh-jauh. Sebab sebenarnya mereka adalah bebatuan hitam di luar angkasa. Bahkan matahari kita juga termasuk salah satu bintang raksasa, lho! (ind/flk)

Source: Earthsky.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here