Sumber: www.kompas.com

Gempa Lombok tercatat sebagai guncangan besar di sepanjang tahun 2018 ini. Selama dua minggu ini, daerah tersebut diguncang oleh ratusan gempa, baik berskala kecil hingga besar. Bahkan saat guncangan bermagnitudo 7.0 skala richter terjadi, BMKG mengeluarkan peringatan tsunami kepada warga.

Jika gempa berasal dari daratan, mengapa tsunami bisa terjadi? Berikut penjelasannya!

1Penyebab tsunami

Sumber: beritagar.id

Gempa yang terjadi di Lombok pada Minggu malam (5/8/2018) berpusat pada kedalaman 15 km, 8.37 LS dan 116.48 BT. Namun patahan lempeng di daratan tersebut telah sampai ke laut.

Oleh sebab itu, seperti dijelaskan oleh Kabag Humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko peringatan tsunami dikeluarkan karena patahan yang sampai ke laut itu bisa menimbulkan air bah. Gempa bumi yang terjadi malam itu termasuk dalam kategori dangkal Kendati demikian BMKG tetap harus menghimbau kepada masyarakat akan peringatan tsunami untuk berjaga-jaga.

2Ketinggian tsunami diperkirakan tak sampai 0,5 meter

Sumber: www.covesia.com

Pada gempa pertama, magnitudo hanya 6.8 SR dan nggal menimbulkan tsunami. Namun saat memasuki 7.0 SR, dan melihat patahan yang terjadi BMKG pun mengeluarkan peringatan tersebut.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho bila perkiraan tsunami yang terjadi pada Minggu malam dibawah 0.5 meter saja.

3Air sempat masuk ke daratan

Sumber: news.metrotvnews.com

Saat BMKG mengeluarkan peringatan tsunami, air laut di Lombok Utara sempat masuk ke daratan dengan ketinggian mencapai 10 hingga 13 cm. Namun peringatan dicabut pada pukul 20.25 WIB karena air sudah mulai surut.

4Masyarakat mengungsi

Sumber: www.alinea.id

Adanya peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG membuat masyarakat Lombok dan Nusa Tenggara Barat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Namun saat peringatan dicabut, mereka masih takut untuk pulang ke rumah dan memilih di tenda pengungsian.

Tsunami nggak hanya disebabkan oleh pergeseran lempeng di bawah laut guys. Patahan lempeng di daratan juga bisa memicu air bah masuk ke daratan. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here