Sumber : www.suarapesanteren.net

Hari berganti hariĀ  tidak terasa bulan ramadhan telah memasuki masa pertengahan. Romansa dan kekhusyuan hari-hari menjalani puasa ramadhan sebentar lagi akan segera berakhir. Tentu sebagian orang akan merasa bersedih dengan bergantinya bulan ini, namun tidak jarang pula yang senang sekali. Ada beberapa tanda yang bisa kita lihat di sekitar kalau mau menjelang akhir ramadhan ini.

Shaf Taraweh

Sumber : www.suarapesanteren.net

Pada saat awal bulan ramadhan, masjid penuh dengan jamaah yang hendak melaksanakan ibadah shalat taraweh, bahkan saking penuhnya, hingga melebar ke parkiran dan halaman masjid. Namun lama kelamaan masjid menjadi makin sepi bahkan di akhir-akhir ramadhan hanya tinggal sebaris saja. Sedih ya?

Sahur dan Buka Menunya Makin Biasa

Sumber : www.lucu.me

Waktu awal puasa, biasanya menu berbuka puasa dan sahur diisi dengan makanan dan minuman yang enak-enak banget. Berbagai macam masakan dari mulai opor, rendang, ayam, sirup, jus, dan lainnya tertata rapi di atas. Namun makin kesini kok makin sepi ya menunya?di pertengahan puasa bahkan cuma ada teh manis dan gorengan saja di atas meja. Huhuhu

Pusat Perbelanjaan Makin Rame

Sumber : www.brilio.net

Berkebalikan dengan suasana di dalam masjid, di pusat perbelanjaan dan pasar keadaannya malah makin ramai saat menjelang akhir ramadhan. Pastinya untuk membeli keperluan buat idul fitri, dari mulai baju lebaran, sarung, sampai sembako dan kebutuhan untuk masak saat lebaran. Kayanya sudah menjadi keharusan saat lebaran tiba, baju pun harus baru juga.

Tiket Sulit Didapat

Sumber : www.pictasite.com

Hal selanjutnya pertanda lebaran kian dekat adalah tiket mudik yang makin sulit dicari. Sekalipun ada, harganya melonjak tinggi bisa lebih dari dua kali lipat harga normal. Belum lagi banyak calo tiket bergentayangan yang membuat harganya makin nggak karuan. Oleh karena itu banyak juga yang membeli tiket untuk mudik sejak berbulan-bulan sebelum lebaran.

Jalanan Makin Macet

Sumber : www.liputan6.com

Hal ini juga kerapkali terjadi saat ramadhan akan berakhir. Di masa-masa mudik tiba, harus bersiap-siap deh jalanan yang biasa dilewati pemudik menjadi luar biasa macetnya. Kalau sudah gini harus ada persiapan ekstra, mulai dari kesehatan, makanan yang higienis dan bergizi, serta jangan sampai dehidrasi saat mudik.

Tukang Ketupat

Sumber : www.socimage.com

Saat lebaran segera tiba, jalanan dan lasar akan dihiasi oleh janur kuning. Bukan berarti ada yang menikah atau hajatan, tetapi para penjual ketupat mulai berjualan. Rasanya memang nggak afdhol kalau di hari raya Idul Fitri nggak ada ketupat sayur sama opor ayam hehehe
Itulah tadi 6 hal yang akan terjadi saat akan menjelang Idul Fitri. Hal positif tentu harus dilestarikan sementara yang negatif ya semoga ke depannya tidak ada lagi. Semoga kita semua akan kembali fitri di hari raya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here