Sumber : tribunnews.com

Dalam pertandingan sepak bola sosok wasit menjadi sangat penting. Wasit menjadi pengadil lapangan yang menjadi Hakim dalam pertandingan. Menjadi seorang wasit terutama memang tidaklah mudah dan tidak selalu menyenangkan. Banyak hal yang harus dialami para wasit dari mulai pengalaman yang manis hingga pengalaman yang sangat menyakitkan. Nah berikut ini ada beberapa kejadian yang harus dialami wasit dalam sebuah pertandingan sepak bola.

5Diprotes oleh pemain

Sumber : playrsclub.com

Menjadi wasit dalam sepak bola harus memiliki mental sekuat baja. Protes-protes yang dilakukan oleh para pemain kerap kali disertai dengan emosi bahkan sampai berkata-kata kasar. Jika seorang wasit tidak bermental kuat, maka ia tidak akan punya prinsip dalam sebuah pertandingan dan mudah dipengaruhi oleh para pemain. Hal ini akan mengakibatkan pertandingan menjadi tidak adil atau berat sebelah.

4Seringkali dikambing hitamkan

Sumber : twitter.com

Dalam beberapa momen dalam sepak bola, seringkali wasit dan para asistennya dikambinghitamkan dalam sebuah keputusan. Gol yang dianulir, atau penalti yang kontroversial seringkali menjadi bahan untuk menyalahkan wasit. Padahal, wasit juga manusia yang bisa berbuat salah. Misalnya, dalam piala dunia 2010 silam saat gol Frank Lampard ke gawang Jerman dianulir, padahal bola tersebut sudah melewati garis gawang. Untunglah sekarang ada teknologi VR yang memudahkan wasit mengambil keputusan, meskipun di Indonesia belum bisa seperti itu.

3Kontak Fisik Dengan Pemain

Sumber : wsbuzz.com

Menjadi seorang wasit juga harus dengan risiko benturan dengan pemain. Kerapkali arah laju dari bola tidak terduga dan pemain sepak bola cara tidak sengaja mengalami benturan dengan wasit. Sering terjadi seorang wasit yang sampai cedera karena karena bertabrakan dengan seorang pemain.

2Dikeroyok oleh pemain dan penonton

Sumber : pulsk.com

Di negara-negara yang masih belum memiliki sikap suporter yang dewasa, kerapkali tindakan yang tidak menyenangkan terjadi pada seorang wasit. Beberapa keputusan wasit sering dianggap tidak adil dan merugikan salah satu tim. Karena tidak terima, para supporter bahkan official melakukan kekerasan fisik terhadap wasit. Di Indonesia sendiri hal ini sering sekali terjadi meskipun sudah pada tahap level Liga profesional.

1Mendapat ancaman teror bahkan dibunuh

Sumber : tribunnews.com

Ancaman teror juga sering kali dialami oleh para wasit. Tersebut dialamatkan mulai terhadap nyawanya sendiri hingga terhadap keluarga. Bahkan hal mengerikan juga pernah dialami oleh wasit seperti yang dialami oleh wasit asal Argentina, bernama Cesar Flores. Akibat keputusannya memberikan kartu merah kepada seorang pemain di Liga SepakBola amatir di Argentina, kemudian sang pemain yang tidak terima, mengambil pistol dari ranselnya dan kembali ke lapangan untuk menembak wasit hingga tewas.

Itulah beberapa resiko yang harus dihadapi oleh seorang wasit. Sebuah pertandingan memang seharusnya dilandasi oleh sportivitas dari kedua tim yang berlaga. Selain itu, wasit sebagai pengadil lapangan juga harus memiliki jam terbang yang cukup, apalagi jika memimpin laga-laga yang sangat bergengsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here