Sumber : jpninfo.com

Negara Jepang memang memiliki kebudayaan yang unik dan menarik. Termasuk dalamhal ini kebiasaan masyarakatnya. Di negara Indonesia ada beberapa hal yang dianggap lumrah dilakukan. Namun ternyata, hal tersebut sangat tabu dan dianggap tidak sopan di Jepang. Berikut beberapa diantaranya :

7Sandal Toilet

Sumber : konsultasisyariah.com

Kalau di Indonesia kita melepas sandal saat ke kamar mandi, namun tidak di Jepang. Orang Jepang selalu memakai sandai saat ke toliet. Hal ini Sudah menjadi budaya bagi mereka dan juga dianggap sebagai tempat paling kotor di dunia.

6Menolong Dengan Sumpit

Sumber : tribunnews.com

Kalau menggunakan sumpit di Jepang juga tidak sembarangan. Saat kita ingin melihat seseorang kesulitan mengambil makanan dengan sumpitnya kemudian kita ingin menolongnya dengan sunpit kita, hal itu tidaklah sopan. Hal ini dianggap serupa dengan acara kremasi dimana sisa-sisa kremasi dipindahkan ke mangkok dengan menggunakan sumpit.

5Memetik Sakura

Sumber : www.cbc.ca

Bunga sakura memang identik dengab Jepang. Namun siapa sangka bunga ini cukup disakralkan dan tidak boleh sembarangan dipetik. Jika memetik sebelum waktunya gugur, kita akan dianggap sebagai pencuri kebudayaan.

4Minum Sebelum Bersulang (Kanpai)

Sumber : kurand.jp

Minum sake juga dianggap sebagai budaya di Jepang. Biasanya sebelum minum, diawali dengan bersulang atau kanpai. Jika hal ini tidak kita lakukan, maka kita akan dicap sebagai orang egois, sombong, tidak mau bergaul serta tidak disiplin.

3Mencemari Pemandian (Onsen)

Sumber : jpninfo.com

Onsen merupakan sebuah bak yang digunakan untuk mandi sambil berendam. Saat berendam maka harus dalam keadaan telanjang. Namun sebelum masuk onsen harus terlebih dahulu membersihkan badan dan membilasnya. Jika tidak dilakukan maka kita akan dianggap jorok dan menjijikan.

2Menjabat Tangan Sambil Membungkuk

Sumber : tribunnews.com

Saat memperkenalkan diri dalam situasi formal misalnya pertemuan bisnis, kita harus memperkenalkan diri sambil membungkukkan badan. Jika kita hanya menjabat tangan, akan dianggap tidak sopan.

1Berkata ‘Hey You !’

Sumber : www.rd.com

Dalam bahasa Inggri, kata you memang bermakna ‘kamu’. Di Jepang, kita harus menggunajan tambahan ‘san’ saat memanggil seseorang. Dengan menggunakan kata ‘you’, kita dianggap tidak punya sopan santun.

Itulah beberapa kebiasaan unik di Jepang yang jika dilakukan, maka akan berujung ita dicap tidak sopan. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya buat kamu yang sedang atau akan menuju Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here