Sumber : Understood.org

Di zaman yang serba digital dan maju ini, hampir semua orang sudah memiliki sosial media. Dari mulai anak-anak, remaja, sampai orang tua paling tidak memiliki satu akun sosial media, baik itu facebook, twitter atau instagram. Namun, tidak semuanya mampu bertindak bijak dalam bersosmed. Pada akhirnya banyak masalah yang timbul gara-gara sosmed, mulai dari perceraian, perkelahian sampai pembunuhan. Menggunakan sosial media harus dilakukan dengan cara bijak. Berikut adalah cara bijak menggunakan sosial media.

7Sharing Hal Positif dan Lucu

Sumber : knowyourmeme.com

Banyak orang mencurahkan masalahnya di status sosmed. Padahak ini sama sama sekali tidak menyelesaikan masalah. Mulai sekarang stop update status galau, masalah, atau kesedihan. Lebih baik sharing Hal positif dan memotivasi orang yang membaca status sosmed kita.

6Unfollow Akun Dan Konten Negatif

Sumber : nu.or.id

Di waktu dekat pemilihan presiden, biasanya banyak teman kamu atau halaman yang menyerukan ujaran kebencian. Jika ya, unfollow atau hide akun tersebut. Daripada baca hoax dan konten negatif, lebih baik lihat yang lucu – lucu.

5Sapa Teman Lama

Sumber :videohive.com

Pastinya kita punya teman lama yang sudah lama tak terdengar kabarnya lagi. Cobalah untuk menyapa dan bertanya kabarnya. Sekaliaj ajak kopdar untuk sekedar ngobrol dan berbagi cerita kehidupan.

4Jadikan Sosmed Sebagai Peluang Bisnis

Sumber : lifewire.com

Daripada membagikan hal negatif, lebih baik gunakan sosmed untuk berbisnis. Banyak sistem bisnis yang nggak perlu modal besar, misalnya dropship. Kalau dijalani dengan serius dan tekun, pastinya sosmed kita akan mendatangkan keuntungan.

3Asah Sosmed Untuk Menulis

Sumber : Understood.org

Sosial media juga bisa dijadikan untuk mengasah kemampuan menulis. Kita bisa membuat karya misalnya puisi, cerpen, atau tulisan motivasi yang bisa dishare banyak orang. Bisa jadi akan ada yang mengendorse kita lewat tulisanyang dibuat.

2Gabung Grup dan Halaman Sesuai Minat

Sumber :donjonsonmotors.com

Orang baik harus bersosmed dengan orang baik pula. Oleh karena itu bergabunglah dengan komunitas positif yang sesuai dengan minat kita. Jangan bergabung Dengan grup tidak jelas, misalnya berbagi video dewasa atau judi.

1Jangan Sampai Melupakan Ibadah

Sumber : KabarMakkah.Com

Seringkali saking asyiknya main sosial media, sampai lupa waktu ibadah. Jangan jadikan sosmed membuat kita lupa sembahyang. Jika tiba waktu ibadah segeralah taruh smartphone dan bergegas sembahyang.

Itulah beberapa cara menggunakan sosmed agar berfaedah dan mendatangkan manfaat. Semoga bermanfaat untuk para pembaca yang budiman ya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here