Sumber : www.amusingplanet.com

Sebuah negara mempunya syarat memiliki wilayah, memiliki pemerintahan sendiri, dan juga pastinya harus memiliki penduduk. Peran penduduk dalam negara sangat penting, karena dengan adanya penduduk, maka sebuah wilayah akan dianggap eksis kehidupannya. Jumlah penduduk sebuah negara biasanya memang banyak. Namun, ada beberapa negara yang memiliki penduduk sangat sedikit dan mungkin bisa dijuluki negara “Tersepi” di dunia. Berikut ini adalah beberapa negara tersebut.

Vatikan

Sumber : www.bbc.co.uk

Vatikan merupakan negara dalam negara yang ada di Ibu Kota Italia, Roma. Vatikan menjadi negara dengan gereja katolik terbesar dan menjadi tempat tinggal Paus. Luasnya hajya 0.44 Km persegi dan hanya berpenduduk 842 jiwa saja.

Nauru

Sumber : www.amusingplanet.com

Nauru terletak di lingkup Samudera Pasifik. Nauru hanya memiliki luas wilayah 21 Km2 dan hanya berpenduduk 9.368 jiwa saja. Meskipun negara yang merdeka pada tahun 1968 ini termasuk kecil, namun menjadi negara psoduksi fosfat yang cukup banyak.

Tuvalu

Sumber : www.Reflectim.com

Negara ini berada di Samudera Pasifik antara Hawaii dan Australia. Populasi penduduknya hanya sekitar 10.472 jiwa dan luas wilayahnya hanya 26 km2. Nama ibu kota negara ini adalah Funafuti dan Tuvalu merdeka pada tahun 1978.

Palau

Sumber : www.bbc.co.uk

Palau merupakan negara yang beribukota di Melekeok dan berbentuk Republik. Negara ini berupa kepulauan yang hanya memiliki luas 459 km2 dan memiliki jumlah penduduk hanya 21.168 jiwa. Palau mendeklarasikan kemerdekaannya ditahun 1994 silam, jadi masih termasuk negara yang baru.

Monaco

Sumber : www.airpano.com

Monaco mempunyai persamaan dengan Indonesia yaitu warna bendera. Bendera negara inibjuga merah putih. Negara ini berbentuk Monarki Konstitusional dan konon menjadi tempat miliarder dunia lantaran sangat ramai dengan perjudian. Jumlah penduduknya sekitar 30.401 jiwa dan luasnya 2 km2.

San Marino

Sumber : www.bbc.co.uk

Negara ini merupakan negara Republik Konstitusional tertua di dunia. Ibu kotanya juga berada di San Marino. Negara yang dibentuk pada tahn 301 M ini memiliki luas wilayah hanya 61 km2 dan berpenduduk sekitar 32.742 jiwa saja.

Liechtenstein

Sumber : www.tripsavvy.com

Negara ini berbentuk negara kepangeranan yang memiliki luas sekitar 160 km2. Liechtenstein memiliki ibukota di Vadus dan berpenduduk sekitar 37.313 jiwa saja. Negara ini terletak di benua eropa. Negara ini terkenal denhan jasa perbankan dan sektor pariwisata, terutama produksi prangko.

Itulah beberapa megara tersepi dan tersempit di dunia. Meskipun kecil tapi bisa berdiri menjadi sebuah negara tentu merupakan hal yang keren. Semoga bermanfaat ya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here