mashable.com

Bagi siapapun yang baru saja menyelesaikan bangku pendidikan pasti akan berhadapan dengan wawancara kerja atau interview. Banyak orang yang bahkan sudah mempersiapkan hari itu dari jauh-jauh hari tetapi masih saja melakukan banyak kesalahan dan akhirnya tidak di terima kerja.

Momen interview merupakan momen di mana kamu melakukan tawar menawar dengan perusahaan. Apakah kamu layak untuk mendapatkan gaji sesuai dengan kulitasmu? Atau justru kamu malah tidak masuk ke dalam kriteria? Hal inilah yang menentukan.

Namun, banyak pelamar yang tidak menyadari beberapa kesalahan kecil yang justru berakibat fatal pada saat interview. Mau tau apa aja? Yuk kita simak beberapa pembahasannya di bawah ini.

1Kurang persiapan data administrasi

tekno.kompas.com

Apakah hal ini penting untuk interview? Ya! Jelas sangat penting. Kalau kamu tidak mempersiapkan ini dengan sempurna, bisa saja kamu tidak di terima kerja meski kamu memiliki skill yang memadai. Data yang perlu di bawa bisa meliputi  ijazah asli, CV, Portofolio, sertivikat, TOEFL, dll.

2Tidak tahu profil perusahaan yang di lamar

ikhtisar.com

Hal ini merupakan kesalahan yang kecil bagimu tetapi merupakan kesalahan besar bagi perusahaan. Profil perusahaan merupakan satu hal yang sangat penting untuk kamu pelajari ketika baru saja mau melamar pekerjaan ke suatu perusahaan. Bukan hanya penting ketika wawancara berlangsung, tetapi juga itu akan menjadi tolak ukur kelayakan kamu sebagai calon karyawan baru.

3Datang terlambat dan tak sesuai jadwal

www.carajadikaya.com

Apa kata perusahaan? Baru aja di interview udah coba-coba telat. Jika tidak mampu memberikan alasan yang jelas 90% kamu pasti akan gagal interview. Perusahaan sangat disiplin soal waktu, jadi jangan sampai coba-coba telat ya.

4Bersikap sempurna saat proses wawancara

mashable.com

Bersikap sempurna saat wawancara merupakan salah satu kesalahan besar. Pasalnya, para pewawancara termasuk HRD adalah orang yang tidak bisa dibohongi, apalagi mereka berada di hadapanmu secara langsung. Sebisa mungkin sampaikanlah kekuranganmu secara objektif agar kamu terkesan sebagai pribadi yang jujur. Memiliki kekurangan juga merupakan nilai plus bagi perusahaan.

5Kurang percaya diri dan kurang antusias terhadap perusahaan

www.qerja.com

Saat proses wawancara di mulai, para pewawancara tentu akan melihat seberapa hebat kepribadianmu. Dia pasti akan mengukur tingkat kepercayaan diri, penampilan, sifat dan juga rasa antusias terhadap perusahaan. Perusahaan tak akan meloloskan siapapun yang tidak serius melamar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here