Sumber: joss.co.id

Tren challenge emang nggak ada matinya. Di era media sosial gini segala jenis tantangan cepat menyebar nggak butuh waktu lama. Salah satu yang kini sedang heboh adalah Momo Challenge.

Tantangan ini bukan mengajak kamu buat joget-joget sembari diikuti mobil, atau menyiramkan es ke seluruh tubuh. Justru Momo Challenge dapat membahayakan nyawa. Challenge ini dilaporkan sudah memakan korban di Argentina.

Anyway, apa sih Momo Challenge itu?

1Dari pesan WhatsApp

Sumber: tirto.id

Momo Challenge awalnya sebuah pesan di WhatsApp yang terus menerur meneror korbannya. Ia digambarkan sebagai sesosok wanita berambut panjang yang menakutkan. Seperti dilansir dari Fox News, netizen diperintahkan untuk membalas pesan si Momo.

Selanjutnya, saat korban mengabaikan pesan tersebut, maka Momo bakal mengirimkan balasan berupa ancaman. Ia menuliskan kalau bakal datang saat malam hari dan mengutuk kalau pesannya nggak juga dibalas. Sementara itu, nomor ponsel yang digunakan oleh pelaku umumnya berasal dari Kolombia, Meksiko dan Jepang.

2Foto Momo bukan asli

Sumber: www.astroawani.com

Dalam pesan WhatsApp si Momo nggak segan menampakkan dirinya berupa seorang wanita bermata lebar, pipi kempot, rambut panjang dan overall wajahnya menyeramkan. Ternyata potret tersebt merupakan hasil crop dari boneka patung buatan Link Factory, perusahaan efek di Jepang.

Seperti dilansir dari Liputan6 bila patung tersebut pertama kali dipamerkan di galeri seni Ginza, Tokyo. Kemudian diunggah ke akun Instagram Link Factory pada 25 Agustus 2016.

3Mengancam korbannya

Sumber: www.ugetuget.com

Pada tahun 2017, sebuah tantangan bernama Blue Whale Challenge pernah heboh. Konon challenge tersebut memakan korban. Sama halnya dengan itu, Momo Challenge memerintahkan korbannya untuk menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri.

Si Momo nggak segan mengancam korban bakal menyakiti orang-orang terdekat. Berdasarkan laporan orang tua di Cutral, Momo mengancam anaknya yang berusia 15 tahun. Kemudian nggak segan pula mengirimi foto-foto orang mati.

4Memakan korban

Sumber: www.nexter.org

Di Argentina, ditemukan seorang anak tewas bunuh diri. Setelah ditelusuri ternyata masih berkaitan dengan Momo Challenge. Gadis berusia 12 tahun ini tinggal di Escobar, Kota Ingeniero Maschwitz.

Korban diketahui merekam aksinya dengan ponsel. Kemudian melakukan bunuh diri dengan cara menggantungkan diri di pohon belakang rumahnya.

5Penyebaran foto Momo

Sumber: www.hitsbanget.com

Pada 10 Juli 2018, user Reddit AlmightySosa00 meng-upload foto Momo ke subcreddit r/creepy. Dalam waktu 48 jam, gambar wanita menyeramkan itu tembus 900 komentar dan 4.700 vote.

Keesokan harinya, Youtuber ReignBot mengunggah video foto bertajuk Exploring Momo Situation. Dalam gambar bergerak itu, ia memberikan cerita rakyat dan nomor WhatsApp. Kendati demikian sulit menemukan siapa pelaku yang telah menyebarkan dan menggunakan dengan tujuan nggak baik itu.

Momo Challenge diketahui mengincar pengguna media sosial anak-anak. Selain nggak ada faedahnya, tantangan ini disebut-sebut juga termasuk dalam cyber criminal. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here