Sumber: www.innovativefitness.com

Sebentar lagi Bulan Ramadhan datang menyambut seluruh umat muslim di dunia. Bulan yang paling dinantikan karena hanya terjadi sekali dalam setahun ini memberikan kebahagiaan sendiri bagi pemeluknya.

Bagaimana tidak, di bulan yang penuh Barokah ini umat muslim akan menahan lapar, dahaga, dan nafsu. Kemudian, jika adzan magrib sudah berbunyi, maka semua diwajibkan untuk berbuka atau makan minum secukupnya. Dilanjutkan dengan sholat Tarawih dan Witir serta makan sahurn saat dini hari.

Saking bahagianya, iklan-iklan di televisi mulai menampilkan aneka makanan enak dan sirup untuk berbuka puasa. Menyenangkan memang. Tapi, kamu perlu menjaga kesehatan sebelum dan saat beribadah puasa, guys. Caranya adalah dengan tips di bawah ini!

1Menjaga asupan sebelum puasa

Sumber: doktor.is

Satu hingga dua hari sebelum puasa, sebaiknya tingkatkan asupan cairan dalam tubuh dengan rajin meminum air putih atau teh herbal. Kamu juga perlu minum air sebelum tidur agar tubuh tetap terjaga saat bangun.

2Meningkatkan konsumsi makan

Sumber: www.fohoosanmean.com

Tidak hanya cairan tubuh yang perlu ditingkatkan tetapi juga asupa gizi dalam tubuh. Caranya dengan menjaga pola makan serta meningkatkan konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sebisa mungkin hindarilah makanan mengandung gula terlalu berebihan, seperti nasi, kopi hingga kue-kue.

3Berbuka dan Sahur secara teratur

Sumber: tipsinfo-hidupsehat.blogspot.co.id

Saat sudah berpuasa, usahakan untuk mengatur jadwal buka dan sahur secara teratur. Jika kamu terbiasa berbuka pukul setengah tujuh malam, maka lakukanlah di waktu yang sama selama tiga puluh hari ke depannya. Begitu pula dengan sahur.

Hindarilah untuk menunda berbuka dan tidak melakukan makan sahur. Dengan begitu, asupan gizi, dan cairan tubuh tetap terpenuhi dengan baik dan terasa lebih fit.

4Berbuka dengan jus

Sumber: thedailymeal.com

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk berbuka dengan yang manis. Seperti halnya kurma atau teh. Kamu juga bisa menggantinya dengan jus sehat, seperti pepaya, apel atau nanas. Kombinasikan minuman tersebut dengan spirulina karena memiliki jumlah enzim yang tinggi. Variasi ini akan membuat tubuhmu pulih kembali.

5Puasa secara teratur, usahakan tak terhenti

Sumber: www.ibu-hamil.web.id

Dalam waktu tiga puluh hari selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan  untuk menahan lapar dan dahaga. Namun saat cuaca panas, dan aktivitas padat ada juga lho yang membatalkannya. Apakah kamu juga?

Sebaiknya hal tersebut hindari ya, guys. Sebab sejatinya puasa secara teratur akan membuat sistem pencernaan beristirahat sejenak. Seluruh aktivitas dalam tubuh akan lebih rileks dan terkendali. Jika kamu memberi jeda dan saat akan memulai kembali, tubuh akan bekerja keras lagi untuk menyesuaikan diri. Pengecualian buat kaum cewek, ya?

Ramadhan datang, alam pun riang. Selamat menuanaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Semoga bermanfaat! (ind/flk)

Source: Superlife.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here