Sumber: sentieriselvaggi.it

Ajang penghargaan untuk insan perfilman dan musik baik luar maupun dalam negeri identik dengan karpet merah. Sebelum memasuki gedung pertunjukan, para bintang datang dengan mobil pengantar lalu berjalan di aras red carpet yang sudah dipenuhi oleh media dan fans. Mereka melambaikan tangan, tersenyum hingga melakukan wawancara.

Tapi pernahkah kamu berpikir dari mana asal karpet merah? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1Sudah ada sejak zaman Yunani Kuno

Sumber: redcarpets.com

Kisahnya berawal dari zaman Yunani Kuno. Yang mana saat itu jalanan sudah mulai dipenuhi dengan karpet merah. Dalam drama Agamemnon karya Aeschylus, istri raja Clytemnestra dendam kepada suaminya. Ia pun menyiapkan red carpet untuk menyambut kedatangan sang raja dari Troya.

Tapi sang raja ragu berjalan di atas karpet tersebut karena dia merasa hanyalah manusia biasa, bukanlah dewa. Namun akhirnya ia berjalan di atasnya dan mulai menyesali perbuatannya itu.

2Untuk para keluarga kerajaan

Sumber: www.therugseller.co.uk

Kisah karpet merah dari Yunani Kuno kemudian menginspirasi keluarga kerajaan untuk menaruh alas dengan warna tersebut untuk menyambut raja. Di Inggris sendiri, red carpet diperuntukkan untuk para keluarga kerajaan yang akan melewati jalanan.

3Warna merah diasosiasikan sebagai gengsi

Sumber: pinterest.com

Red carpet kemudian banyak muncul dalam bentuk permadani dengan pola rumit. Lukisan-lukisan para Dewa juga disertakan. Warna merah dipilih karena diasosiasikan sebagai gengsi, dan aristokrasi.

Pada abad ke-15 pewarna Cochineal yang berwarna merah gelap digunakan oleh orang-orang Aztec dan Maya untuk mewarnai kain. Beranjak ke abad 17, Cochineal jadi barang ekspor paling mahal dan bernilai tinggi. Sehingga merha melambangkan status tertinggi.

4Digunakan untuk acara penyambutan

Sumber: pinterest.com

Kedatangan Presiden Amerika Serikat, James Monroe pada tahun 1821 diberikan penghormatan dengan berjalan di atas karpet merah. Kala itu alas dengan warna tersebut sudah mulai digunakan untuk penyambutan pemuka politik.

Kemudian di abad 20 tepatnya 1902 barulah perusahaan kereta api menggunakannya untuk para penumpang eksklusif.

5Mulai digunakan oleh dunia hiburan Hollywood

Sumber: savingplaces.org

Pada tahun 1922, karpet merah dibentangkan di depan Egyptian Theatre dalam rangka penayangan perdana film Robin Hood. Douglas Fairbanks berjalan untuk pertama kalinya di atas red carpet sebagai selebriti papan atas kala itu.

Hingga puluhan tahun berikutnya, red carpet jadi ciri khas dari masyarakat umum yang ingin melihat parade para bintang, seperti Clark Gable, Jimmy Stewart dan Grace Kelly.

6Sebagai penyambutan bintang di Oscar dan Academy Awards

Sumber: abcnews.go.com

Ajang penghargaan Oscar menggunakan karpet merah untuk menyambut para bintang untuk pertama kalinya pada tahun 1961. Saat itulah konsep videography luar gedung dan meliput suasana para selebriti yang baru datang pertama kali dilakukan.

Kemudian barulah di tahun 1964, karpet merah sebagai titik fokus dari parade para bintang yang baru saja datang untuk memasuki gedung, sembari menyapa penggemar serta media di ajang Oscar.

Hingga kini red carpet masih menjadi bagian dari beragam ajang penghargaan. Sebagai properti yang tak terlepaskan dari berbagai momen awards, karpet dengan warna tersebut identik dengan superstar. (ind/flk)

Source: Bbc.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here