Sumber: thelogicalindian.com

Digelar setiap empat tahun sekali, Piala Dunia selalu memiliki cerita menarik. Perhelatan akbar dunia yang selalu dinantikan oleh para penggemar sepak bola ini secara bergilir diadakan di negara yang terpilih sebagai tuan rumah.

Pada 2018 ini, Rusialah yang berhasil menyabet gelar tuan rumah di laga paling bergengsi dunia ini. Sementara dari 32 negara, Panama dan Islandia tercatat dalam sejarah baru pertama kali turut serta. Tidak semua negara berhasil lolos, salah satunya India. Sejak tahun 1950, negara tersebut gagal berlaga hanya karena satu alasan!

1Melawan Perancis

Sumber: morungexpress.com

Pada Olimpiade London 1948, India bermain dengan emas melawan Perancis. Meski kalah dengan skor 1-2, namun mereka digadang-gadang bisa memberikan performa terbaik pada Piala Dunia 1950. Diprediksi pula bila mereka bisa mengimbangi lawannya pada menit ke 70 hanya dengan sedikit peningkatan permaianan dari Olimpiade.

2Laga Internasional pertama

Sumber: indiatimes.com

Usai memperoleh kemerdekaan dari Inggris, pertandingan melawan Perancis merupakan laga internasional pertama bagi India. Oleh sebab itu, mereka mendapatkan sorotan luar biasa dari media kala itu.

3Bermain tanpa alas kaki

Sumber: thelogicalindian.com

Bermain dalam laga internasional untuk pertama kalinya, ada yang menarik dari India. Menariknya, sebagian pemain bermain tanpa alas kaki. Sementara sebagian lagi bahkan memilih hanya dengan kaus kaki.

4Tak lolos Piala Dunia karena kaki telanjang

Sumber: www.foottheball.com

Mulai saat itu kabar beredar bila FIFA tidak memperbolehkan India tampil di World Cup dikarenakan tim nasional mereka bermain tanpa alas kaki. Namun menariknya, mereka justru sukses lolos ke Brasil untuk Piala Dunia 1950.

Saat itu FIFA sudah menetapkan bila Brasil dan Italia dipastikan lolos. Sementara 14 posisi tersisa yang akan diambil dari 7 untuk Eropa, 6 dari Amerika, sisa 1 untuk Asia.

5India berpeluang maju

Sumber: hwnews.in

Pada 1950 ada empat negara dari Asia yang digadang-gadang bakal maju ke Piala Dunia. Namun sayangnya, tiga di antaranya yang terdiri dari Filipina, Indonesia dan Burma mengundurkan diri. Sementara hanya tersisa India yang memungkinkan. Namun sayangnya negara itu pun tidak tampil pada World Cup 1950. Kabar tersiar bila mereka dilarang bermain oleh FIFA bila masih dengan alas kaki.

6Konfirmasi dari Asosiasi Sepakbola India

Sumber: nimbuzz.com

Seperti dibeberkan oleh Sports Illustrated bila Asosiasi Sepak Bola India memang memutuskan sendiri timnya tidak maju dalam Piala Dunia 2018. Mereka mengatakan bila kurangnya waktu latihan dan kesepakatan menjadikan tim nasional tidak dapat diberangkatkan.

Sementara menurut penelitian yang dilakukan oleh sejumlah media, India sengaja tak berlaga di kancah Piala Dunia karena faktor ekonomi yang melanda negaranya saat itu. Apalagi pada tahun 50-an, Piala Dunia kalah pamor dengan Olimpiade.

Sayang sekali, padahal India memiliki peluang besar untuk bisa tampil di Piala Dunia. Semoga bisa kembali di tahun-tahun berikutnya. (ind/flk)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here