Sumber: detiksports.com

Berambisi masuk Final Piala Dunia 2018, Inggris ternyata berhasil dilumpuhkan oleh Kroasia. Dengan skor 2-1 yang diungguli oleh tim besutan Zaltco Dalic, The Three Lions gagal disebut sebagai kandidat juara World Cup tahun ini.

Meski awalnya berimbang, namun gol dari Mario Mandzukic menjadi penentu dari kekalahan Inggris dan majunya Kroasia ke babak final. Permainan yang diselenggarakan pada Rabu (11/7/2018) banyak disoroti oleh pengamat sepakbola. Mereka mengungkapkan memang ada beberapa kesalahan dan penyebab dari kekalahan tersebut. Apa saja?

1Bek kurang siap

Sumber: bolatimes.com

Gol pertama dari Kroasia berhasil dicetak oleh Ivan Perisic di menit ke-68. Kala itu ia berhadapan dengan Kyle Walker yang akan menyundul bola. Namun kalah cepat dengan Perisic, akhirnya gol pun tak dapat terhelakkan.

Sementara di menit ke-105 Mario Mandzukic harus berhadapan dengan John Stones dan Harry Kane. Dua pemain kebanggaan Inggris itu nggak menduga bila Perisic justru mengarahkan umpan ke Mandzukic. Akhirnya gol kedua pun kembali dicetak. Dari sini bisa disimpulkan bila bek Inggris kurang siap dan tanggap dalam menghadapi lawan.

2Bola meleset beberapa kali

Sumber: bola.com

Di menit-menit pertama, Harry Kane sempat menendang bola ke arah gawang. Namun berhasil ditepis oleh Danijel Subasic. Kemudian bola terpental kembali ke arah bek Inggris tersebut dan disepakkan namun hanya mengenai bagian bawah gawang.

Saat pinaliti pun sebenarnya Inggris berpeluang untuk mencetak gol. Namun nasib nggak berpihak pada mereka, sepakan Jesse Lingard mengarah ke tengah gawang namun berhasil dihalau oleh Subasic.

3Inggris kalah mental

Sumber: www.indopos.co.id

Nggak cuma sekali ini Kroasia berhadapan dengan lawan-lawan berat. Sebelumnya mereka bahkan harus beradu dengan Denmark dan Rusia dan berhasil keluar sebagai pemenang. Sementara Inggris baru pertama kalinya merasakan tampil selama 120 menit pertandingan.

Boleh saja secara fisik Inggris lebih unggul, namun Kroasia memiliki mental baja yang sudah terbukti. Itulah sebabnya mereka berhasil maju ke final Piala Dunia 2018.

Inggris dan Kroasia memang lawan yang sebanding. Keduanya sama-sama memiliki pertahanan kuat. Namun kali ini Kroasia lebih unggul dan patut masuk ke babak final. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here