redmangoreviews.files.wordpress.com

Kamu mungkin merasa biasa saja ketika ada sebuah anime yang diambil dari manga atau light novel. Ada juga anime berdasarkan game-game buatan Jepang, serta berbagai kebudayaan atau kepercayaan orang Jepang. Hal tersebut wajar, sebab anime memang berasal dari Jepang sehingga tidak kaget ketika sebuah anime terlihat Jepang Banget.

Akan tetapi, beberapa anime ternyata mengambil cerita berdasarkan literature-literature barat. Sehingga kadang kamu melihat bahwa kebudayaan, cara berpakaian dan beberapa hal di anime tersebut terasa ‘kurang Jepang’. Meskipun begitu, karena keunikannya tersebut, anime-anime ini banyak yang sukses karena memang disukai oleh penggemar.

Lalu, anime apa saja yang memang berdasarkan literature barat? Berikut ini 5 yang akan kita ulas sedikit.

1Howl’s Moving Castle

redmangoreviews.files.wordpress.com

Howl no Ugoku Shiro, atau yang lebih dikenal sebagai Howl’s Moving Castle adalah anime garapan studio Ghibli yang ceritanya diambil berdasarkan buku karya Diana Wynne Jones. Bukunya sendiri sebenarnya ada beberapa seri, tetapi hanya seri pertama yang dianimekan. Hebatnya adalah ketika buku tersebut dibuat sebagai sebuah anime, ternyata banyak menarik perhatian penikmat film dan kebanyakan merasa bahwa anime movie tersebut sukses besar. Tidak heran jika animenya sendiri sampai mendapatkan penghargaan.

2Romeo x Juliet

animenewsnetwork.com

Siapa yang tidak kenal novel karangan Shakespeare Romeo and Juliet. Saking terkenalnya, sampai dua karakter utama tersebut selalu dijadikan ikon bagi sepasang kekasih. Kisah antara Romeo dan Juliet serta perseteruan antara keluarga Montague dan Capulet itu juga menjadi dasar dari anime Romeo x Juliet. Namun tentu saja dengan beberapa perubahan dan plot twist yang akan membuat penonton tidak menyesal telah menonton animenya. Selain itu, setting tempatnya juga memakai dunia alternative, beda dengan kisah Romeo and Juliet yang asli.

3Takarajima

pinterest.com

Takarajima atau juga dikenal sebagai Treasure Island adalah anime yang juga mengambil cerita berdasar novel karya Robert Louis Stevenson. Bisa dibilang, Takarijima adalah versi plek dari novel Treasure Island. Mulai dari para tokohnya dan ceritanya, semuanya sama dengan yang original. Jadi kamu bisa merekomendasikan anime ini untuk mereka yang nge-fans dengan novel karya obert Louis Stevenson meskipun mereka bukanlah penggemar anime.

4Karigurashi no Arrietty

http://funkyimg.com

Lagi-lagi studio Ghibli mengambil cerita dari literature barat sebagai dasar pembuatan anime movie. Kali ini ada anime berjudul Karigurashi no Arrietty, yang basisnya hampir sama dengan novel The Borrowers karya Mary Norton. Namun, ada perbedaan dari novel aslinya karena setting tempat anime ini ada di Jepang dan tokoh-tokohnya pun berbeda. Meskipun begitu intinya tetap sama, yaitu bercerita tentang manusia mini yang hidup secara sembunyi-sembunyi dari manusia biasa.

5Gankutsuou

zerochan.net

Gankutsuou juga merupakan salah satu anime berdasarkan literature barat, yaitu berdasarkan cerita Count of Monte Cristo karangan Alexandre Dumas. Anime sendiri cukup sama dengan versi aslinya, tetapi memang dengan sedikit perubahan pada perwatakan tokoh.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here