deviantart.net

Raksasa adalah makhluk dengan ukuran tubuh sangat besar. Rata-rata mereka digambarkan punya wajah mengerikan dan sifatnya pun suka mengacau, semena-mena dan sombong. Para makhluk raksasa ini bahkan dipercaya suka memakan manusia.

Di dunia sendiri terdapat banyak sekali kisah mengenai makhluk raksasa. Contohnya saja yang populer adalah Leviathan, Jormungand dan lain sebagainya. Namun, itu tadi adalah contoh legenda raksasa dari luar negeri. Lalu, apakah di Indonesia juga ada kisah mengenai makhluk raksasa? Tentu saja ada. Bahkan sampai sekarang makhluk-makhluk ini masih dipercaya ada sampai sekarang dan hidup berdampingan dengan manusia.

Siapa sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

1Raksasa Genderuwo

http://primbonku.com

Genderuwo merupakan raksasa dari alam gaib yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Makhluk ini digambarkan memiliki tubuh yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari pohon beringin atau pohon bambu. Mereka juga punya rambut gondrong yang memenuhi seluruh tubuh, berwarna hitam. Mereka bertaring, bercakar, dengan wajah sangat mengerikan dan mata merah. Genderuwo juga dipercaya suka dengan wanita cantik.

Makhluk raksasa ini juga kerap kali dipelihara oleh para pelaku pesugihan, tentu saja dengan memberikan tumbal tertentu maupun sesajen.

2Buto Ijo

deviantart.net

Tidak kalah populer dari Genderuwo, Buto Ijo juga menjadi makhluk raksasa yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Seperti namanya, Buto Ijo, alias Raksasa Hijau, maka tubuh makhluk ini pun hijau semua, dari wajah sampai kaki semuanya hijau. Mereka dikenal suka tinggal di gunung-gunung dan juga kerap kali dipuja untuk mereka yang ingin melakukan pesugihan. Bahkan tumbalnya pun tidak main-main, yaitu nyawa manusia.

3Raksasa Lembu Sura

blogspot.com

Lembu Sura(o) adalah makhluk raksasa yang dikenal oleh masyarakat sekitar Gunung Kelud. Namanya mungkin tidak sepopuler dua makhluk sebelumnya, tapi keberadaannya sangat dipuja oleh masyarakat. Dipercaya bahwa Lembu Sura ini merupakan penjaga gunung dan menaungi daerah sekitar Blitar, Kediri maupung Tulungagung. Berkat kebaikannya ini pula, Lembu Sura bahkan sampai dibuatkan patungnya.

4Raksasa Gunung Padang

simomot.com

Raksasa Gunung Padang merupakan makhluk mistis yang dipercaya berada di situs purbakala Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Makhluk ini digambarkan memiliki tubuh hitam dan sangat tinggi. Dia juga kerap kali berada di sekitar pengunjung. Namun, karena dia merupakan makhluk gaib, sehingga tidak ada yang melihat wujudnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here