http://ichef.bbci.co.uk

Sejak zaman dahulu, manusia kerap kali memakai tumbal ketika melakukan ritual atau upacara-upacara penyembahan. Entah itu tumbalnya hanya berupa tanaman atau benda-benda hasil bumi, penyembelihan hewan ternak, atau yang ektrem lagi adalah memakai manusia.

Tidak hanya di satu tempat dan di satu generasi kegiatan penumbalan manusia ini dilakukan. Berbagai suku di dunia, kerap kali melakukannya. Alasannya, sebagai persembahan untuk dewa, atau malah sebagai persembahan untuk iblis. Bahkan di era modern seperti sekarang, beberapa suku tertentu masih melakukan hal ini.

Namun, dari sekian banyak ritual penumbalan manusia yang pernah dilakukan, berikut ini adalah 5 yang diketahui paling menakutkan.

1Ritual Tumbal Manusia Bangsa Celtic

balkancelts.files.wordpress.com

Menurut catatan dari Julius Cesar, ketika ia pergi ke Eropa Utara di Celtic, ia mendapati sebuah ritual yang menumbalkan manusia. Ritual tersebut dilakukan dengan cara mengurung manusia dan hewan di dalam patung raksasa yang dibuat dari jerami serta rotan. Kemudian, orang-orang akan membakar patung berisi puluhan manusia itu, sedangkan mereka yang mengikuti ritual, akan menari di sekitar patung sampai seluruh patung dan isinya hangus dan hanya menyisahkan abu. Konon, ritual tersebut dilakukan demi menyembah para dewa yang bangsa Celtic puja, supaya tanah mereka tetap subur, panen melimpah, dan bahkan digunakan sebagai doa ketika akan bertempur ke area perang.

2Ritual Tumbal Suku Aztec

http://ichef.bbci.co.uk

Suku Aztec di Amerika Tengah dikenal sebagai suku dengan kebudayaan yang cukup maju. Namun, suku ini juga dikenal sebagai salah satu suku yang kerap kali menumbalkan manusia ketika melakukan ritual. Tidak hanya satu atau dua orang, entah sudah ratusan atau bahkan ribuan manusia yang sudah ditumbalkan kepada dewa mereka. Biasanya, para tumbal akan dibawa ke tempat kusus, semacam piramida yang di atasnya sudah ada tempat untuk menyembelih manusia persembahan tersebut. Para tumbal akan disobek dadanya dan diambil jantungnya. Ketika jantung sudah terambil, mayat akan dilemparkan ke orang-orang di bawah dan dibuang begitu saja supaya dimakan hewan. Bahkan ada pula mayat yang ditancapkan pada batang pohon.

3Tumbal Manusia Albino di Afrika

blogspot.com

Beberapa suku di Afrika memang terkenal dengan praktik perdukunan ilmu hitam. Namun, hal itu ternyata berpengaruh pada para manusia albino di sana. Mereka percaya jika menumbalkan manusia albino maka akan mendapatkan kekuatan magis yang besar. Bahkan sampai ada perburuan manusia albino oleh beberapa orang yang memang mendalami ilmu hitam tersebut. Parahnya, mereka juga mempercayai bahwa semakin tumbal albino itu berteriak kencang, maka kekuatan magis yang didapat semakin besar pula. Hal ini mengakibatkan proses penumbalan dilakukan dengan cara memutilasi manusia albino saat masih hidup. Seram banget.

4Ritual Tumbal The Thuggee

madrascourier.com

Ada sekitar satu juta manusia tewas akibat kegiatan penumbalan yang dilakukan oleh sekte The Thuggee. Sekte ini sendiri sempat menjalankan aktivitasnya dari tahun 1740 sampai 1840, yang mana mereka sering pergi berkeliling India dan mengaku sebagai pemuja Dewi Kali. Namun, alih-alih hanya sebagai kelompok pengelana, mereka pun kerap kali mengincar manusia untuk dibunuh sebagai ritual penyembahan. Sekte ini biasanya membunuh para korban dengan cara mencekik atau meracun. Sebab, mereka percaya jika ritual akan gagal jika tumbal meneteskan darah barang setitik pun.

5Ritual Tumbal Manusia untuk Pembangunan

sbelen.files.wordpress.com

Ritual tumbal untuk suatu pembangunan memang sudah dikenal dari zaman dulu sampai sekarang. Di Indonesia sendiri biasanya sering melihat orang menumbalkan kepala kerbau atau kambing untuk membangun jembatan atau gedung. Namun, ritual penumbalan untuk sebuah proyek pembangunan juga kerap dilakukan dengan menumbalkan manusia. Contohnya saja di tahun 1891 sampai 1916, di mana ribuan bayi diperkirakan ditumbalkan untuk pembangunan rel Kereta Api Trans Siberia yang menghubungkan Rusia dan China. Hal ini didukung dengan penemuan sekitar 2000-an kerangka bayi di sekitaran rel tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here