Sumber: Kacamata Beta

Presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih akrab disapa BJ Habibie telah berpulang ke rahmatullah pada 11 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta. Habibie yang juga dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia itu meninggal dunia di usia 83 tahun karena gagal jantung. Berpulangnya Habibie pun menyisakan duka yang sangat mendalam untuk segenap bangsa Indonesia, dan Presiden Joko Widodo pun mengumumkan masa berkabung selama 3 hari untuk menghormati jasa-jasanya.

Selain terkenal akan kisahnya yang cukup romantis bersama Ibu Hasri Ainun Habibie yang telah terlebih dahulu berpulang pada tahun 2010 silam, Habibie juga dikenal akan kejeniusannya di bidang teknologi, terutama di dunia kedirgantaraan. Untuk mengenang jasa-jasanya, berikut adalah 6 warisan Habibie di bidang teknologi penerbangan dan ilmu pengetahuan.

1Pesawat N-250

Sumber: Kompas

Pesawat N-250 adalah pesawat komersil hasil rancangan PT Dirgantara Indonesia, yang tidak lain adalah perusahaan penerbangan pertama di Indonesia yang didirikan oleh Habibie. Huruf ā€˜Nā€™ pada pesawat itu berarti Nusantara, dan N-250 sendiri adalah satu-satunya pesawat terbang turboprop di dunia yang menggunakan fly by wire. Pesawat N-250 dirancang mampu terbang hingga 900 jam.

2Pesawat C-130 Hercules

Sumber: Grid.ID

Kemudian Habibie juga disebut ikut merancang pesawat Lockheed Martin C-130 Hercules yang menggunakan empat mesin. Pesawat tersebut digunakan untuk membantu tugas militer dan sanggup mengangkut berbagai macam kargo dengan landasan pacu yang tidak terlalu panjang.

3Pesawat Ekslusif Hansa Jet 320

Sumber: AOPA

Selain itu, Habibie juga berhasil membuat pesawat Hansa Jet 320, yang dilabeli sebagai pesawat jet khusus. Namun sayangnya pesawat ini juga tidak pernah diproduksi secara masal, sama seperti pesawat-pesawat sebelumnya.

4Pesawat R-80

Sumber: Kompas

Kemudian Habibie bersama PT Regio Aviasi Industri juga merancang Pesawat R-80, pesawat dengan sistem dan keamanan yang sangat canggih. Pesawat R-80 sendiri disebut sebagai lanjutan pengembangan dari pesawat N-250, hanya saja sampai saat ini masih dalam tahap rencana pengembangan.

5Pesawat Dornier Do 31

Sumber: Modeler Site

Pesawat Dornier Do 31 adalah pesawat hasil eksperimen VTOL Jerman Barat, yang dirancang di bawah kontrak NATO dari BMR-3 dan dibuat oleh Dornier. Namun sangat disayangkan, gagasan canggih ini terpaksa dibatalkan pada tahun 1970 yang lalu karena tingginya biaya dan berbagai hal yang lainnya.

6Teori Habibie (Teori Crack Propagation)

Sumber: IDN Times

Teori ini ditemukan oleh Habibie sekitar tahun 1960 yang lalu, usai terjadi banyak kecelakaan yang melibatkan pesawat terbang. Dengan menggunakan teori Habibie, perhitungan crack bisa dilakukan dengan sangat teliti bahkan hingga ke struktur atomnya, sehingga bisa mengurangi angka kecelakaan pesawat terbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here