Sumber: flavorwire.com

Ramadhan tiba, umat muslim di seluruh dunia bersuka cita menyambutnya. Ibadah satu tahun sekali ini dirindukan oleh kaum muslimin. Tak hanya menahan haus dan lapar, mereka juga perlu berpuasa dari amarah, kebencian, dan sikap buruk lainnya.

Berpuasa selama 13 hingga 14 jam sehari dapat membuat sistem pencernaan dan organ dalam tubuh beristirahat sejenak.Meski demikian, kamu juga harus ikutan istirahat, bermalas-malasan dan tidak melakukan apa pun. Meski sedang menjalankan ibadah puasa, kegiatan produktif harus dilakukan.

Nah, bagi kamu yang sering bingung harus bagaimana saat siang hari bulan Ramadhan sembari menunggu waktu berbuka, yuk lakukan kegiatan ini!

1Membaca

Sumber: www.lifehack.org

Jika kamu hobi membaca, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan kebiasaan ini di bulan suci. Bisa membaca ragam kisah, mulai dari fiksi, ilmiah, komik dan lain sebagainya. Lebih bagus jika mengikuti kisah nabi dan rasul atau tentang keindahan islam. Dengan begitu, waktu puasa tidak akan terasa karena kegiatan bermanfaat.

2Mendengarkan musik religi

Sumber: www.norcalpaintballpark.com

Bulan puasa saatnya umat muslim mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Perbanayak ibadah serta amal agar segala dosa diampuni dan mendapatkan pahala berlimpah. Di waktu senggang kamu bisa mengisinya dengan mendengarkan musik-musik islami. Lirik-liriknya yang mendalam, ditambah dengan nada syahdunya bisa membuatmu selalu mengingat Yang Maha Kuasa.

3Nonton film perjuangan Islam

Sumber: rseqqca.com

Daripada tidak ada kegiatan dan bisanya cuma bengong sembari menunggu saat berbuka puasa, ada baiknya untuk mengisi waktu tersebut dengan nonton film. Eits, karna ini bulan puasa jadi sebaiknya nonton film tentang Islam, ya. Kamu bisa meresapi kisah para Nabi dan Rasul dalam menegakkan agama dengan cara yang benar. Dapat dua manfaat, kan? Hiburan dan pengetahuan.

4Membuat kerajinan

Sumber: youtube.com

Jika kamu hobi membuat beragam kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk melakukan hobi tersebut di bulan puasa. Bukanlah suatu kegiatan yang berat, apalagi membatalkan puasa. Justru hal tersebut dapat membuatmu lebih produktif di siang hari sembari menunggu sore dan menjelang buka. Lumayan kan, nanti kamu bisa menjualnya untuk angpao Lebaran?

5Mencoba aneka resep masakan

Sumber: www.85ccake.com

Ramadhan identik dengan ragam makanan yang menggugah selera. Daripada bisanya cuma meratapi diri karena waktu buka tak kunjung tiba, lebih baik belajar resep baru. Kamu bisa belajar dari situs masakan atau pun majalah. Praktekkan dan santap usai adzan magrib. Hitung-hitung menambah kemampuan memasak. Iya nggak?

Berpuasa bukan berarti tidak beraktivitas. Justru kamu harus lebih produktif agar puasanya tidak terasa. Kamu juga bisa melakukan kegiatan sesuai dengan hobi, lho! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here