Sumber : Kompasiana.com

Di zaman yang semakin modern ini menempuh pendidikan tinggi dan mendapatkan gelar sarjana tidaklah sesulit dulu. Bermacam tempat pendidikan tinggi seperti universitas maupun sekolah tinggi tersedia dimanapun. Kadang hal ini membuat mahasiswanya dimanjakan karena diberikan terlalu banyak kemudahan. Yang penting nilai cukup dan lulus sodang skripsi sudah beres.

Akhirnya lulusan sarjana banyak yang menganggur karena tidak siap dengan perubahan dari masa kuliah ke dunia sesungguhnya dunia kerja. Buat para mahasiswa, supaya kamu nggak auto pengangguran setelah lulus, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki saat masih mahasiswa, berikut diantaranya.

7Komunikasi

Sumber : www.theodysseyonline.com

Berkomunikasi dengan baik dengan orang lain merupakan salah satu hal yang penting. Kamu harus menguasai bagaimana cara menyampaikan pendapat kepada orang lain secara efektif. Karena saat diwawancarai kerja, kalau komunikasi kamu ‘belepotan-, pihak perusahaan juga akan malas merekrut kamu.

6Bahasa

Sumber : www.youtube.com

Kemampuan bahasa asing terutana bahasa Inggris juga menjadi sebuah kewajiban bagi para sarjana. Di dunia kerja, banyak perusahaan mewajibkan penguasaan bahasa Inggris karena memang tidak jarang akan berinteraksi dengan orang asing.

5Bekerja Sama

Sumber : gemailmiahankara.blogspot.com

Orang yang individualis kebanyakan tidak akan sukses dalam hidupnya. Dunia kerja menuntut kerjasama antardepartemen untuk mencapai target perusahaan. Cara melatih kerjasama saat mahasiswa adalah dengan mengikuti organisasi kampus.

4Mendapat Penghasilan

Sumber : infokampus.news

Jangan berpikiran menjadi mahasiswa tugasnya hanya belajar saja di kelas. Sudah nggak zaman lagi. Selagi jadi mahasiswa carilah penghasilan tambahan, caranya bisa berdagang. Jual pulsa atau kelililng jualan saat ada event kampus bisa jadi pilihan. Bisa juga kerja sambilan saat jam kuliah selesai.

3Kemandirian

Sumber : hipwee.com

Menjadi mahasiswa harus mandiri. Maksudnya selama hal tertentu bisa dikerjakan sendiri, kenapa harus orang lain. Misalnya mencuci pakaian, buat apa ke laundry kalau cuci sendiri juga bisa.

2Mutitasking

Sumber : wowmenariknya.com

Mahasiswa juga harus bisa multitasking. Artinya mampu melakukan beberapa tugas dalam satu waktu. Misalkan sambil mencuci, bisa juga sambil memasak. Jadi lebih hemat waktu, karena waktu adalah uang.

1Pergaulan dan Channel

Sumber : Kompasiana.com

Ini adalah hal yang sangat penting dimiliki saat masih menjadi mahasiswa, yaitu pergaulan dan channel yang luas. Dekatilah orang-orang yang berpengaruh misalnya dosen atau alumni. Saat kamu lulus bisa jadi melalui merekalah kamu akan mendapatkan pekerjaan.

Itulah beberapa hal Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa. Buat kamu para mahasiswa yang masih males-malesan sambil main game, sudah waktunya ‘bangun’ dan persiapkanlah diri untuk menghadapi dunia yang sebenarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here