Sumber: culturacolectiva.com

Usai ledakan bigbang terjadi pada milyaran tahun yang lalu, material-material luar angkasa pun saling menjauh dan membentuk galaksi-galaksi. Di dalamnya terdapat planet-planet serta satelit yang saling berputar, baik berotasi maupun berevolusi.

Benda-benda luar angkasa mulai dari planet hingga satelit dipercaya memiliki bentuk bulat. Hal tersebut juga diperkuat dengan adanya penelitian. Yang mana para astronot pergi ke luar angkasa dan melihat penampakan bumi yang bulat.

Sebagai makhluk yang tinggal di atasnya tentu kamu merasa bumi ini layaknya datar, bukan? Tapi, jika hal tersebut benar-benar terjadi apa yang akan terjadi pada alam semesta dan lingkungan kita ini? Simak ulasannya berikut ini untuk tahu jawabannya!

1Jika bumi datar, kapal tak akan kembali ke asal

Sumber: steigan.no

Sebuah kisah tentang seorang pelaut ratusan tahun lalu. Ia bernama Ferdinand Magellan yang memimpin ekspedisi untuk mengelilingi bumi dari Eropa ke Barat menuju Asia. Perjalanan ini sebenarnya bertujuan untuk membuktikan bila bumi itu bulat.

Ferdinand sendiri tewas di Filipina dalam ekspedisi tersebut. Namun 18 anggota lainnya berhasil sampai di Spanyol di tahun 1522 dan percaya jika bumi itu bulat. Bayangkan kalau datar, pasti kapal mereka akan menemui ujung bumi dan jatuh ke luar angkasa, bukan?

2Tak ada malam dan pembagian zona waktu

Sumber: oomph.co.id

Teori menyebutkan bila bumi berotasi dan berevolusi mengelilingi matahari. Hal serupa juga dilakukan oleh satelitnya, yakni bulan. Akibatnya di belahan dunia barat sedang pagi, dan bagian timur malam hari.

Bayangkan jika bumi itu datar. Maka seluruh permukaannya terkena sinar matahari dan tak pernah malam hari. Otomatis juga tidak ada perbedaan waktu. Bulannya juga dianggurin, guys.

3Tak ada kutub selatan

Sumber: www.kaskus.co.id

Bumi yang berbentuk bulat memiliki poros yang agak menonjol, sehingga bentuknya tidak benar-benar bundar. Melainkan agak lonjong di poros yang tak lain adalah Kutub Utara serta Selatan. Sudah terbukti jika dua tempat itu memang benar-benar ada dan memiliki iklim dingin karena juah dari garis khatulistiwa yang cenderung banyak disinari oleh matahari.

Sementara menurut orang-orang flat earth, Kutub selatan adalah bagian dari pinggir bumi yang berwarna putih. Well, kalau dibayangkan nih area tersebut berarti mengelilingi bumu gitu ya?

4Air laut jatuh ke bawah

Sumber: belitung.tribunnews.com

Bumi berbentuk bulat dan bergaya gravitasi sebenarnya memiliki alasan, yakni agar benda di atasnya tidak terlempar ke luar angkasa, seperti halnya air laut yang tetap di asalnya.

Jika memang bumi itu datar, maka secara otomatis air laut akan habis. Karena mengacu pada hukum benda cair, bila air akan mengalir dari atas ke bawah.

Bayangkan dengan akal sehat saja deh kawan bagaimana bila bumi ini datar? Sesungguhnya segala sesuatu sudah diciptakan dengan sempurna. (ind/flk)

Source: Vebma.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here