reksadanacommunity.com

Keuangan bisa di ibaratkan seperti kumpulan nilai-nilai yang telah kamu hasilkan dan dapat di tukarkan dengan nilai jasa lainnya. Jika semuanya cukup, maka keuanganmu stabil, tetapi jika sebaliknya, itu tandanya kamu harus mereset ulang pengaturan keuanganmu mulai dari sekarang.

Meski seseorang memiliki gaji yang besar, jika orang tersebut tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik, maka sebentar keuangannya akan semakin memburuk dan malah habis secara percuma. Hal ini memang benar-benar harus di hindari.

Untuk itu, kamu harus punya cara untuk mengendalikan keuangan secara sempurna, gunakan 4 cara ampuh ini tuk tingkatkan keuanganmu.

1Stop pola hidup konsumtif

papasemar.com

Banyak orang yang hobi berfoya-foya ketika tanggal gajian tiba. Pergi karaoke, belanja sana-sini, kencan bareng pacar dan menghabiskan uang di arcade dan masih banyak lagi. Kalau kamu juga termasuk di antara mereka, itu berarti kamu belum bijaksana dalam hidup. Kamu seharusnya lebih bijak dalam menghabiskan uang. Gunakanlah uangmu hanya untuk keperluan yang penting saja. Sisakan sebagian untuk rencana masa depan. Tundalah sejenak kebahagiaanmu untuk 10 atau 20 tahun ke depan nak.

2Anggap tabungan dan investasi sebagai hutang

economy.okezone.com

Kebanyakan orang sangat berat melangkahkan kakinya untuk menabung dan berinvestasi. Sebagian besar orang masih belum sadar dengan manfaat kedua hal ini untuk kehidupan. Meski kamu masih single, kamu harus menyisihkan sebagian uang gajimu untuk tabungan dan investasi. Anggaplah menabung dan berinvestasi sebagai hutang yang wajib kamu bayar seperti tagihan kredit bulanan. Cara ini terbukti ampuh dan membangkitkan semangat.

3Perketat disiplin dalam pencatatan pengeluaran

reksadanacommunity.com

Meski terlihat sepele, hal ini sangat berpengaruh pada keuanganmu. Bayangkan saja jika kamu melupakan beberapa pengeluaran kecil secara berkala. Sebentar kamu jadi tidak bisa memperkirakan semuanya dengan jelas. Jika kebobolan, bisa saja keuanganmu akan jebol sebelum akhir bulan dan malah membuatmu kelaparan sepanjang belum gajian.

4Persiapkan tabungan darurat

koinworks.com

Selain menabung untuk rencana masa depan, kamu juga harus menabung untuk kepentingan darurat. Keadaan bisa saja menjadi buruk sewaktu-waktu. Jika kamu punya tabungan darurat, hal ini tentu tak akan menjadi masalah lagi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here