Sumber: www.thebitbag.com

Sebagian besar budaya Korea modern dipengaruhi oleh masa Joseon. Nggak heran kalau mayoritas drama bertema historical mengambil latar periode ini. Masyarakat Korea banyak berkembang baik dari segi kehidupan sosial, ilmu pengetahuan, agama, seni dan sastra di zaman ini.

Salah satu yang paling berharga adalah masa pemerintahan Raja Sejong yang menemukan Hangul sebagai alfabet resmi Korea. Ada banyak drakor berlatarkan dinasti ini dengan cerita yang beragam, apa saja?

1Moonlight Drawn by Clouds

Sumber: eukybearlovesdrama.wordpress.com

Moonlight Drawn by Clouds mendulang kesuksesan besar. Dibintangi oleh aktor dan aktris muda, serial ini berkisah tentang seorang putra mahkota yang jatuh cinta pada prajurit. Ternyata, prajurit tersebut adalah seorang wanita yang menyamar. Selain tentang kisah asmara, penonton juga bakal disuguhkan dengan ketegangan politik di episode-episode terakhir.

2Rebel: Thief Who Stole The People

Sumber: cinemur.fr

Rebel: Thief Who Stole The People diangkat dari kisah seorang penjahat legendari Korea Selatan, Hong Gil Dong. Dilahirkan dari keluarga miskin, pria tersebut memiliki kecerdasan dan bakat luar biasah. Ia membentuk sebuah kelompok pencuri yang kemudian mencuri harta para bangsawan untuk dibagikan kepada orang-orang miskin. Selain berlatarkan era Joseon, penonton juga ngerasa happy dengan paduan cerita komedi, romansa dan sosial.

3Sungkyunkwan Scandal

Sumber: crabbyfordrama.blogspot.com

Era Joseon menjadi masa paling berharga bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Huruf hangul menjadi bagian penting yang ditemukan di Universitas Sungkyunkwan. Kisah seorang gadis pandai dan petualangannya selama menimba ilmu di sekolah elite masa Joseon jadi perhatian utama.

Dahulu hanya kaum pria yang diperbolehkan untuk menimba ilmu. Sementara itu ia rela menyamar menjadi pria demi bersekolah dan mendapatkan haknya. Namun nggak disangka ia justru jatuh hati pada salah satu temannya di sekolah tersebut.

4Tree with Deep Roots

Sumber: thetalkingcupboard.com

Misteri, sejarah dan romansa semua ada di drama Tree with Deep Drops. Saat itu masyarakat diteror adanya seorang pembunuh rahasia saat Raja Sejong hendak menciptakan huruf Korea. Nggak semua orang senang dengan terciptanya Hangul karena mengira bakal memperdayakan rakyat jelata dalam penyebarannya. Drama ini mengajarkan tentang arti pengorbanan, dan berisi konflik ideologi yang menegangkan.

5Jewel in The Palace

Sumber: www.dreamers.id

Jewel in The Palace meraih kesuksesan di hampir 90 negara seluruh dunia. Ketertarikan penonton terhadap budaya Korea membuatnya jadi drama nomor satu paling diminati. Serial ini berdasarkan dari kisah Jang Geum, seorang dokter bedah pertama di era Joseon yang awalnya bekerrja sebagai pelayan istana.

Kepiawannya dalam meracik makanan dan menguasai ilmu akupuntur membuatnya berani mengambil tindakan untuk membedah tubuh orang untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Korea.

Ragam cerita kompleks drama Korea membawa penonton hanyut. Totalitas, dan kisah epik itulah yang justru menyedot minta masyarakat terhadap drakor. Selamat nonton! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here