Sumber: soccerpro.com

Piala Dunia 2018 penuh kejutan. Tim yang nggak dibayangkan bakal tembus final, bahkan bisa membuktikan kelayakan untuk tampil di babak penentu. Dia adalah Kroasia. Usai melibas habis Inggris di putaran semifinal dengan skor tipis 2-1, akhirnya tim mereka bakal maju melawan Perancis pada Minggu (15/7/2018).

Banyak yang nggak menyangka Kroasia bakal sampai di babak final, berikut fakta menarik tentangnya!

1Rangking FIFA terendah

Sumber: www.hindustantimes.com

Tahu nggak sih kalau Kroasia berada di posisi ke-20 peringkat FIFA terhitung pada bulan Juli lalu? Sementara itu, musuhnya saat semifinal yakni Inggris berada di posisi 12. Sementara Belgia di peringkat ketiga dan Perancis masuk sepuluh besar. Jika dibandingkan dengan mereka, tentu saja, tim Kroasia berada di rangking paling rendah.

2Kroasia negara berpenduduk sedikit

Sumber: skysports.com

Sebagai negara kecil, Kroasia hanya memiliki total 4,2 juta penduduk saja. Jumlah ini nggak sebanding dengan Indonesia yang mencapai 200 juta lebih. Oleh sebab itu, masuknya tim nasional ke final Piala Dunia sungguh prestasi yang membanggakan bagi negara tersebut.

3Peringkat tiga di Piala Dunia 1998

Sumber: croatiaweek.com

Bukan untuk pertama kalinya Kroasia harus bersaing dengan Perancis. Pada tahun 1998 lalu, mereka bahkan hanya berhasil menyabet juara tiga.

Kroasia harus mengubur mimpi dalam-dalam pada tiga laga Piala Dunia terakhir. Mereka nggak bisa tembus kualifikasi. Usai 20 tahun, kini tim mereka boleh berbangga karena bisa menempati posisi terbaiknya.

4Pembuktian tiada akhir

Sumber: apostas.betfair.com

Perjalanan Kroasia hingga di babak final nggak mudah. Mereka berhasil mengantongi skor atas Argentina. Masuk ke babak 16 besar, mereka berhasil menang melawan Denmark pada adu pinalti dengan nilai 3-2.

Pun dengan semifinal, Inggris sebenarnya bukanlah lawan yang mudah. Mereka memiliki benteng pertahanan kuat. Nggak ayal kalau Kroasia menang tipis atasnya, yakni 2-1.

Kemenangan Kroasia pada babak semifinal mengejutkan banyak pihak. Di final nanti, mereka bakal berhadapan dengan Perancis untuk memperebutkan posisi juara. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here