Sumber: www.klikmania.net

Fenomena media sosialĀ  merambah masyarakat dari segala kalangan. Seolah tak bisa dilepaskan dari aktivitas di dunia maya, manusia kini lebih tertarik berkomunikasi dengan teman dan kerabat melalui ragam platform.

Hal inilah yang kemudian membuat para developer dunia termasuk Indonesia berbondong-bondong membuat inovasi terbaru di bidang IT. Dianggap sebagai bisnis menjanjikan dan bisa membawa perubahan, maka terciptalah banyak social media menarik.

Sebagai negara yang memiliki banyak anak bangsa kreatif dan berprestasi, Indonesia punya media sosial yang unik dan berbeda dengan lainnya. Para pengguna bahkan tak akan menyangka bila hal-hal menarik bisa dilakukan dengan medsos ini, seperti berkirim pesan dengan format kartu pos misalnya.

Simak ulasannya berikut ini, yuk!

1Getfolks

Sumber: tech.idntimes.com

Kalau kamu rindu dengan aktivitas dahulu, seperti berkirim surat dengan prangko maka Getfolks adalah pilihan yang tepat. Diciptakan oleh Robin Lazendra, alumni Teknik Informatika Binus, media sosial ini berbeda dengan kebanyakan. Di sini, pengguna bisa mengirimkan pesan berformat kartu pos dengan tulisan tangan ke alamat penerima. Dengan demikian, nanti akan diketahui sisi emosional user melalui bentuk tulisan.

Keunggulan lainnya adalah mengunggah status melalui suara. Hal tersebut nantinya bisa menjadi tolok ukur emosi dari pengguna. Kamu juga bisa menambahkan cloud icon untuk mempercantik tulisan.

Serunya lagi, kamu bisa memilih mengunggah status melalui suara, pena, tulisan tangan, hingga foto. Menarik, bukan?

2Sebangsa

Sumber: www.sebangsa.com

Dari namanya saja sudah ketahuan ya kalau buatan Indonesia. Media sosial ini diluncurkan pada tahun 2014 dan memiliki ragam fitur serta konten yang nusantara banget. Di sini, kamu akan menemukan sebuah konten khusus, yakni BMI atau Buruh Migrain Indonesia yang user-nya terdiri atas Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri.

Terciptanya platform ini diharapkan agar bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang ada di seluruh dunia, sembari menikmati ragam sajian konten khas Ibu Pertiwi. Kalau kamu sedang di luar negeri dan pakai medsos ini, pasti akan rindu dengan tanah airku Indonesia.

3Mindtalk

Sumber: plus.google.com

Kalau kamu berpikir media sosial ini adalah tempat untuk membuat status layaknya Facebook, nyatanya tidaklah demikian. Diciptakan oleh Robin Marufi dan Danny Oei Wirianto, Mindtalk memungkinkan penggunanya untuk mengikuti ragam saluran minat, mulai dari fotografi, selebriti, fesyen, bisnis, otomotif, dan lain sebagainya.

Di awal didirikan, sang pencipta hanya menargetkan 100.000 pengguna. Namun nyatanya kini sudah mencapai 180.000 dan siap merambah pasar Asia Tenggara serta India.

4Ciayo

Sumber: selular.id

Dari namanya saja sudah membuat pengguna semangat untuk mengunggahnya sebagai media sosial sehari-hari. Berbeda dengan Facebook, yang mana foto profil bisa menggunakan beragam foto. Namun Ciayo justru memberikan pilihan gambar avatar yang lucu-lucu.

Saat bergabung di sini, user bisa membagikan ragam aktivitas yang sudah disediakan. Pokoknya, media sosial ini cocok banget buat kamu pecinta anime dan kartun!

Menarik bukan media sosial khas Indonesia di atas? Cobain, yuk! (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here