Ilustrasi : LAzone.id

Teror boneka berhantu kerap kali kita lihat di film-film barat. Contohnya saja kisah tentang boneka Chucky sampai Annabelle. Setelah melihat film-film tersebut, kadang persepsi kita mengenai boneka menjadi berubah. Tidak lagi menganggap mereka lucu, tapi malah jadi menyeramkan. Akan tetapi, tahukah kamu jika di Indonesia ternyata memiliki boneka-boneka khas yang sebenarnya identik dengan budaya suku tertentu, tapi terkadang menyimpan nuansa mistis. Apa saja boneka itu? Berikut ini daftarnya.

1Ondel-Ondel

Ondel-Ondel
http://etnikom.com

Ondel-ondel merupakan boneka khas dari Betawi. Boneka yang harus dimasuki manusia untuk menjalankannya ini memang terlihat lucu dan menarik. Namun, tahukah bahwa dulu, rupa Ondel-Ondel tidak secantik sekarang? Dulu, Ondel-Ondel dibuat dengan paras yang sangat menakutkan. Selain itu, fungsinya pun tidak hanya sebagai media kesenian seperti sekarang. Awal mulanya, Ondel-Ondel dibuat sebagai media untuk mengangkal roh halus. Bahkan untuk memainkannya, harus orang khusus, tidak boleh sembarangan. Sebelum memulai pun, Ondel-Ondel harus diberi rokok dan minuman.

 

2Sigale-Gale

Sigale-Gale
klikhotel.com

Beberapa dari kamu mungkin cukup asing dengan boneka dari Pulau Samosir ini. Sigale-gale merupakan boneka yang dibentuk menyerupai manusia, bahkan pakaiannya lengkap dengan ulos dan pakaian khas batak. Bisa dibilang, Sigale-gale ini merupakan boneka pengantar kematian. Menurut cerita, dahulu kala ada seorang anak raja yang meninggal dalam peperangan. Merasa tidak terima dengan kematian anaknya, sang raja pun membuat boneka yang mirip dengan si anak. Boneka tersebut dirawat dan menemani raja sampai wafat. Saat akhir hayat sang raja, boneka tersebut pun menari-mnari di samping tubuh raja. Sampai sekarang, boneka ini masih dibuat untuk memperingati kematian seseorang, dan biasanya diletakkan di dalam peti mati.

3Jailangkung

Jailangkung
googleapis.com

Meskipun bentuknya sederhana, tapi Jailangkung memang sarat akan kisah mistis. Orang-orang biasanya menggunakan Jailangkung sebagai media untuk memanggil arwah. Setelah arwah tersebut masuk ke dalam boneka, para pemain bisa menanyakan pertanyaan apa saja pada Jailangkung. Namun, tidak jarang para pemain Jailangkung mengalami kesurupan, karena arwah yang dipanggil sedang marah.

 

4Nini Thowong

Nini Thowong
youtube.com

Kali ini ada boneka yang berasal dari Bantung, Yogyakarta, yang diberi nama Nini Thowong. Namanya sendiri berasal dari wajah si boneka yang putih (thowong) dan kata nini yang dimaksudkan kepada perempuan. Zaman dulu, boneka ini kerap dijadikan sebagai media untuk malakukan ritual tertentu. Biasanya dimainkan para wanita dan proses kerjanya mirip Jailangkung. Akan tetapi, seiring berubahnya kepercayaan masyarakat, Nini Thowong pun kini dijadikan sebagai media kesenian tanpa bermaksud menyangkut-pautkan dengan hal-hal mistis. (IDP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here