Sumber : aliexpress.com
Di awal tahun 2020 ini sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Curah hujan akan lebih deras dari bulan-bulan sebelumnya dan di beberapa wilayah bahkan sudah kena banjir, misalnya di Jabodetabek. Nah, kamu juga harus mempersiapkan hal-hal berikut ini sebagai lifehack yang berguna di saat musim penghujan.

7Sedia Odol dan mantel

Sumber : otosia.com
Bagi para pengendara mantel hujan adalah sebuah kewajiban yang harus dimiliki terutama di musim hujan begini. Nah, selain mantel hujan ternyata ada juga lho hal penting yang perlu dibawa supaya kamu aman berkendara saat hujan, yaitu odol atau pasta gigi. Fungsi odol adalah untuk dioleskan pada helm atau kaca mobil yang berfungsi untuk mencegah pengembunan, sehingga pandangan ada tetap jelas meskipun hujan.

6Jas hujan sekali pakai

Sumber : aliexpress.com
Bagi Anda yang menaiki kendaraan umum, meskipun membawa payung sebaiknya tetap juga menyediakan jas hujan sekali pakai. Saat turun dari bis atau kereta sama payung seringkali juga tidak terlalu membantu untuk membuat kita terhindar dari cipratan air terutama saat menyeberang ke jalan. Dengan memakai jas hujan sekali pakai, akan membantu kita supaya tetap kering

5Air panas di tas

Sumber : shopee.co.id
Di musim hujan begini, pastinya cuaca akan cukup dingin. Untuk menyiasatinya, kita bisa membawa air panas dalam termos kecil di dalam tas. Pastinya termos tersebut harus rapat dan juga bisa tahan lama supaya bisa menyimpan air panas saat kita ingin minum. Selain itu, air panas juga bisa kita buat untuk membuat teh instan atau juga membuat mie cup.

4Kantong kresek dan karet

Sumber : otomania.com
Kalau selanjutnya yang penting dibawa oleh para pengendara motor adalah kantong kresek dan juga karet. Kita nggak tahu apakah motor kita akan terendam pada saat di parkiran. Nah, pada saat ada parkir sebaiknya menutup knalpot anda dengan karet dan plastik tersebut untuk meminimalisir air yang masuk.

3Baju ganti sedia di bagasi

Sumber : boerhunt.wordpress.com
Pastikan anda juga membawa baju ganti di setiap aktivitas outdoor. Taruhlah baju dan underwear di bagasi motor atau mobil. Andaikan hujan turin, dan anda merasa anda sudah cukup lepek dan nggak nyaman, Anda bisa mengganti baju dengan mudah.

2Penutup sepatu waterproof

Sumber : jakartanotebook.com
Bagi pekerja kantoran yang menggunakan kendaraan umum sama penting juga menyediakan kantor sepatu waterproof. Alatnya adalah sejenis plastik yang bisa menutupi sepatu atau sandal yang kita pakai. Dengan begitu, meskipun musim hujan anda tetap melindungi sepatu Anda kering sampai ke kantor.

1Powerbank selalu ada

Sumber : today.line.com
Komunikasi adalah hal yang penting juga di tengah musim hujan yang tidak menentu ini. Apalagi di daerah-daerah yang rawan terkena banjir. Bisa jadi sewaktu-waktu listrik dirumah Anda mati dan smartphone sedang dalam keadaan lowbat. Itu sama pastikan anda punya power bank yang berkapasitas besar dan pastikan selalu terisi penuh. Sewaktu-waktu kita membutuhkan pertolongan karena dilanda air banjir, kita bisa menghubungi kerabat atau keluarga tanoa takut smartphone kita kehabisan baterai.
Nah itulah tadi beberapa lifhack yang anda bisa lakukan pada saat banjir ini. Silakan bagikan artikel ini ke media sosial kamu ya!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here