Sumber: travelingyuk.com

Sudah dua minggi terakhir ini Lombok masih diguncang gempa. Dilaporkan bila gempa dengan magnitudo 7.0 skala richter mengguncang Lombok Utara. Getarannya bahkan sampai ke Bali hingga Banyuwangi dan Jember.

Peristiwa yang terjadi pada Minggu malam (5/8/2018) itu sempat disebut memicu tsunami, sehingga BMKG mengeluarkan peringatan dini. Air laut di sekitar Lombok Utara mengalami kenaikan 13 cm. Bencana tersebut setidaknya telah menelan korban tewas hingga 98 orang yang diakibatkan tertindih reruntuhan saat hendak menyelamatkan diri.

Hingga kini, gempa ringan masih terus dirasakan dan sejumlah warga. Seperti dilaporkan, berikut fakta mengenai gempa Lombok 2018!

1Warga terjebak di runtuhan Masjid

Sumber: www.harnas.co

Gempa terjadi saat warga sedang melaksanakan Shalat Isya’ berjamaah di Masjid. Peristiwa tersebut mengakibatkan sejumlah warga masih terjebak di dalam reruntuhan di Desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Meski dua korban tewas sudah dievakuasi, namun beberapa masih terjebak di dalam. Penyelamatan segera dilakukan dengan menurunkan alat berat.

298 korban tewas dan 236 korban luka

Sumber: kicknews.today

Dilaporkan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat hingga senin sore, korban meninggal dunia mencapai 98 orang. Sedangkan untuk korban luka-luka mencapai 236 orang.

Penyebab kematian korban rata-rata karena tertimpa reruntuhan. Sementara itu 20.000 orang mengungsi ke beberapa titik.

3Sekolah libur

Sumber: nasional.tempo.co

Akibat gempa yang mengguncang Lombok terus menerus, Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi mengeluarkan perintah untuk meliburkan sekolah. Ia juga memerintahkan agar tenaga medis tetap bekerja untuk menengani para korban gempa.

4Lombok Utara alami rusak parah

Sumber: tekno.tempo.co

Tercatat bila wilayah Lombok Utara mengalami kerusakan yang cukup parah. Hal tersebut dikarenakan karena area dekat dengan pusat gempa.

Usai dihantam gempa berkekuatan 6.4 skala richter pada 29 Juli, rumah-rumah banyak yang rusak. Namun saat gempa kembali terjadi dengan magnitudo 7.0 SR, bangunan dan rumah semakin parah kondisinya. Warga yang berada di daerah Lombok Utara mengungsi ke sejumlah titik dan dilaporkan nggak berani untuk kembali setelah gempa yang cukup besar pada hari Minggu lalu.

5Pelayanan tanggap darurat diperpanjang

Sumber: www.alinea.id

Gubernur NTB mengatakan bahwa pemprov bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Lombok Utara, serta beberapa wilayah yang terkena dampak gempa untuk menangani musibah ini bersama-sama.

Oleh sebab itu, masa tanggap darurat diperpanjang hingga 11 Agustus 2018. Gubernur menghimbau kepada seluruh warga untuk tenang dan nggak mempercayai isu yang beredar.

6Pembatalan Konferensi Internasional Anti-Terorisme

Sumber: news.metrotvnews.com

Bulan Ini dijadwalkan akan diselenggarakan Indonesian-Australia Ministerial Council Meeting on Law and Security dan Konferensi Internasional Anti-Terorisme di Lombok. Namun karena musibah gempa, maka acara pun dibatalkan sampai waktu yang masih belum ditetapkan.

Mengenai hal ini seperti dilansir dari Kompas, Wiranto selaku Polhukam mempersilahkan delegasi dari negara peserta untuk pulang. Acara tersebut sempat porak poranda karena gempa. Namun semua delegasi dilaporkan selamat karena keluar melalui tangga darurat.

Mari berdoa untuk saudara-saudara kita di Lombok agar diberikan keselamatan selalu dan nggak ada gempa maupun korban lagi. #PrayforLombok. (ind/flk)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here