Sumber: www.sportingnews.com

Pada hari Minggu mendatang (15/7/2018) bakal menjadi puncak dari Piala Dunia 2018. Dua tim sudah terpilih untuk memperebutkan posisi pertama di perhelatan besar ini. Mereka adalah Perancis dan Kroasia. Keduanya disebut-sebut sebagai tim tangguh karena memiliki pertahanan yang kuat. Namun tahukah kamu kalau ada lima fakta menarik di babak final World Cup tahun ini? Check this out!

1Didominasi oleh tim dari Eropa

Sumber: footballseeding.com

Pada semifinal dan final Piala Dunia, laga banyak didominasi oleh negara-negara dari Eropa. Sebut saja Kroasia melawan Inggris, Perancis VS Belgia. Bahkan di perempat final, hanya ada dua negara dari Amerika, yakni Uruguay dan Brazil.

Dari delapan final Piala Dunia dalam beberapa tahun belakangan, hanya dua kali dimenangkan oleh tim luar Eropa, yakni Brazil pada tahun 1994 dan 2002. Sementara tahun ini total 14 pesera berasal dari Eropa, sementara Amerika Selatan hanya menghadirkan lima tim sebagai perwakilan.

2Negara kecil yang berhasil masuk final

Sumber: www.si.com

Dengan hanya 4,2 juta orang atau sebanding dengan penduduk Oregon dan Kentucky, Kroasia merupakan negara terkecil yang berhasil masuk ke final sejak tahun 1950. Negara kecil lainnya yakni Uruguay yang berhasil mematahkan Brazil dengan skor 2-1 pada pertandingan Piala Dunia 1950.

Nggak mengabaikan prestasi mereka, perlu diingat bila Kroasia memiliki banyak keberuntungan pada pertandingan lalu. Sementara Inggris sebenarnya memiliki keberuntungan yang bagus juga. Namun Kroasia memiliki permainan yang hampir sama dengan Denmark, meliputi fisik dan mental.

3Dua tim punya pemain hebat

Sumber: neriomagazine.com

Modric adalah kapten kecil Korasia. Dalam turnamen melawan Inggris, ia memimpin tim dalam kemenangan putaran semifinal. Dia bahkan menggiring negaranya pada skor 1-0 di babak pertama. Kemudian di babak kedua, ia semakin menunjukkan mengapa dirinya pantas disebut sebagai salah satu pemain terbaik Piala Dunia.

Di samping itu ada Kante yang merupakan mesin penggerak dari Perancis. Gelandang Chelsea ini disebut-sebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena berhasil menggerakkan tim hingga masuk ke putaran final. Sejak awal pertandingan, ia memimpin dengan permainnya yang ulet, mengecoh dan membuat lawan berdegup kencang.

4Kroasia jago menyelamatkan bola, Perancis punya pengalaman

Sumber: www.fox.com

Dalam pertandingan melawan Denmark, kiper Kroasia, Danijel Subasic berhasil menyelamatkan tiga pinalti. Negara ini tercatat dalam sejarah Piala dunia yang paling ahli dalam hal tembak menembak bola dan mencegahnya lagi.

Perancis nggak terlibat dalam Piala Dunia sejak masuk final pada tahun 2006. Kala itu mereka kalah dari Italia. Tapi nggak perlu khawatir, pengalaman mereka di beberapa pertandingan bakal menyempurnakan permainan nantinya.

5Kali kedua bagi Perancis dan pertama bagi Kroasia

Sumber: www.forbes.com

Ini untuk pertama kalinya Perancis jadi kebanggaan setelah pernah menjadi tuan rumah pada 1998. Kala itu mereka berhasil menekuk lutut Brazil di final. Bahkan juga pernah mencicipi kekalahan di putaran final Piala Dunia 2006 melawan Italia.

Sementara bagi Kroasia ini adalah pertama kalinya maju ke babak final dan merupakan prestasi mebanggakan setelah hanya menduduki posisi ketiga pada Piala Dunia 1998.

Keduanya sama-sama tim kuat yang bakal menegangkan pertandingan final Piala Dunia 2018. Menurut kamu siapa yang bakal menyabet juara pertama? (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here