lifestyle.okezone.com

Ingin memiliki IQ yang tinggi kini ibarat telah menjadi mimpi banyak orang. Untuk itu dari seluruh belahan dunia, ada banyak orang yang rela untuk melakukan berbagai macam pelatihan hanya untuk menaikkan kecerdasan mereka melalui kursus peningkatan IQ.

Tetapi selain ada cara untuk menaikan IQ, taukah kamu? Ternyata ada juga lho beberapa hal atau cara yang bisa membuat IQ dalam kepalamu menjadi turun. Kira-kira apa ya? Jangan-jangan beberapa hal ini pernah kamu lakukan.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan sehari-hari yang terbukti bisa membuat IQ-mu menjadi turun. Bukannya malah naik, ini malah jadi turun. Yuk simak beberapa ulasannya di bawah ini.

1Mengunyah permen karet

student.cnnindonesia.com

Siapa sih yang pernah menduga kalau mengunyah permen karet besa membuatmu benar-benar bodoh secara permanen? Sebuah studi yang dilakukan oleh Cardiff University menemukan bahwa fungsi memori jangka pendek dapat terganggu akibat dari mengunyah permen karet.

2Mengonsumsi gula

www.republika.co.id

Apakah ada di antara kalian yang sering mengonsumsi gula secara berlebih? Apakah kalian pernah menduga kalau gula bisa menyebabkan IQ seseorang menjadi turun? Ternyata, mengonsumsi gula secara berlebih terbukti mampu memperlambat kinerja otak. Hal ini di buktikan oleh penelitian dari University of California, Los Angeles.

3Menonton reality show

www.provoke-online.com

Menonton televisi dewasa ini ibarat seperti nafas yang tidak bisa putus dalam kehidupan untuk sebagian besar masyarakat terutama masyarakat Indonesia. Tetapi siapa sangka kebiasaan ini bisa saja menjadi bumerang. Ternyata, siaran tv yang bertemakan reality show terbukti bisa membuat IQ kamu jadi turun lho. Hal ini karena reality show di anggap mampu mempengaruhi prilaku seseorang yang menontonnya.

4Terlalu banyak begadang

lifestyle.okezone.com

Seperti kata bang roma, janganlah kau begadang nak. Bagi kalian yang sering begadang pada kegiatan-kegiatan yang tidak produktif, sebaiknya segera hentikan sekarang juga. Efeknya gak tanggung-tanggung, kekurangan waktu tidur sebanyak satu jam saja sudah merusak dua tahun proses perkembangan kognitif lho!

5Mulitasking

style.tribunnews.com

Siapa sangka kalo multitasking bisa menjadi salah satu kebiasaan yang bisa membuat seseorang menjadi bodoh. Otak manusia sama sekali tidak memiliki kemampuan yang sama seperti komputer. Otak tak akan mampu untuk menyalin informasi yang berbeda dalam jangka waktu bersamaan. Orang yang selalu melakukan multitasking akan menjadi sulit untuk fokus dan tak bisa menjaga kestabilan memori dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here