Sumber: nakita.grid.id

Sekitar tahun 90 hingga 2000-an awal kamu pasti salah satu orang yang mengikuti kisah dalam telenovela di beberapa stasiun televisi swasta, bukan? Mereka biasanya ditayangkan pada siang hingga sore hari menemani waktu santai keluarga. Ragam ceritanya mulai dari anak-anak, remaja, sampai rumah tangga membius penonton Indonesia saat itu.

Nama lain dari telenovela sebenarnya adalah Opera Sabun. Di negeri barat biasanya disebut Soap Opera. Pernah tidak kamu bertanya-tanya mengapa diberi nama demikian?

Melalui ulasan di bawah ini pasti tahu deh asal muasalnya mengapa kok dijuluki Opera Sabun! Simak, yuk!

1Pengertian opera sabun

Sumber: variety.com

Soap opera merupakan serial fiksi yang biasanya ditayangkan sebagai sandiwara radio, poster, hingga siaran televisi. Di Indonesia, istilah tersebut sama saja dengan telenovela atau sinetron.

Hanya saja telenovela diidentikkan dengan drama rumah tangga luar negeri. Sementara sinetron merupakan produksi dalam negeri. Namun kesemuanya ditayangkan secara berkala, setiap hari ataupun per minggu.

2Berawal dari iklan sabun

Sumber: www.ebay.com

Di awal tahun 30-an, sebuh iklan bersambung di Inggris ditayangkan secara berkala, seperti Procter & Gamble, Colgate-Palmolive dan Level Brothers. Tak hanya memasarkan produk, mereka juga menyisipkan cerita yang menarik sehingga membuat penonton mengikutinya setiap minggu.

Opera sabun pertama yakni sebuah iklan bersambung berbentuk poster untuk produk Super Suds. Kemudian tren tersebut meluas hingga perusahaan film membuat cerita serial. Hal itulah kemudian yang melahirkan ragam drama, telenovela, hingga sinetron.

3Iklan sabun disisipi pada penayangan serial

Sumber: nostalgiacentral.com

Pada 20 Oktober 1930 sebuah serial televisi pertama berjudul Painted Dreams ditayangkan oleh stasiun televisi WGN. Nah, disela-sela penayangannya selalu muncul iklan sabun detergen. Jadilah kemudian nama Soap Opera digunakan untuk film berseri yang ditayangkan di layar kaca.

Opera sabun apa yang menjadi favoritmu? Nostalgia, yuk! (ind/flk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here