Fourlook – Ibadah berpuasa menjadi keharusan bagi setiap Muslim yang sehat jasmani dan rohaninya. Umat Islam yang jumlahnya hampir 2 milyar di seluruh bagian dunia manapun akan menjalankan ibadah puasa dengan peraturan yang sama dan berbagi momentum spritual dalam tingkatan global.

Namun, mengapa kita harus berpuasa dan apa saja manfaat dari puasa itu sendiri ? Kita semua tahu tentang Rukun Islam yang menjadi landasan ibadah ini dan kenyataannya, imbalan untuk berpuasa di bulan Ramadhan tidak terhitung jumlahnya dan manfaat penuhnya hanya diketahui oleh الله.

Berikut ini adalah tiga alasan penting untuk berpuasa di bulan Ramadhan, dan mengapa umat Islam diharapkan dapat mengambil keuntungan dari pengalaman sosial dan spiritual ini.

1. Pembersihan Jiwa

Salah satu manfaat utama dari berpuasa di bulan Ramadhan adalah pembersihan jiwa. Meskipun kita cenderung berpikir tentang pikiran, tubuh, dan jiwa sebagai komponen yang terpisah, dalam kenyataannya mereka semua saling terhubung dan terkait, dan peningkatan salah satunya secara alami akan mempengaruhi peningkatan pada faktor yang lainnya juga. Puasa di bulan Ramadhan memurnikan pikiran, tubuh dan jiwa, yang mengarah kepada peningkatan rasa kepekaan dan kesehatan tubuh.

2. Mempererat Hubungan Keluarga

Memperat solidaritas dan membina hubungan positif dengan keluarga dan lingkungan sekitar menjadi alasan lain pentingnya ibadah puasa. Hanya orang yang menjalankan puasa di bulan Ramadhan yang benar-benar dapat merasakan keindahan momen berbuka puasa dengan orang lain, merayakan karunia hidup setiap hari bersama orang-orang  yang dicintai.

Puasa di bulan Ramadhan juga merupakan satu pengalaman sosial terbesar yang pernah dimiliki manusia, dan ini adalah salah satu aspek terpenting dari pilar-pilar utama dalam menjalankan agama Islam.

3. Meningkatkan Kesehatan

Puasa telah terbukti secara ilmiah dan menjadi salah satu faktor yang paling efektif dalam meningkatkan kesehatan manusia. Puasa di bulan Ramadhan memungkinkan sistem pencernaan, “mesin” didalam tubuh, untuk beristirahat dari tuntutan pemrosesan dan penguraian makanan yang bertugas setiap hari tanpa henti, membebaskan sumber daya sistem untuk membersihkan diri dan memurnikan tubuh dari akumulasi racun, sehingga memungkinkan proses penyembuhan dan perbaikan jaringan menjadi lebih efektif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here