Sumber : www.npr.org

Gempa bumi merupakan bencana alam yang ditakuti. Ialah datang sewaktu-waktu dan dapat memporak porandakan seluruh isi dunia. Bangunan hingga jalan menjadi luluh lantak. Belum lagi korban jiwa yang diakibatkan membuat pukulan tersendiri. Seperti dikutip dari wikipedia.org, getaran yang ada di permukaan bumi terjadi karena pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Beragam macam bencana gempa, yang familiar dan sering terjadi adalah gempa vulkanik yang disebabkan oleh aktivitas magma yang membuat gunung api meletus. Kemudian gempa tektonik yang diakibatkan oleh pergeseran lempengan plat tektonik, sehingga menyebabkan getaran di daratan dan tsunami.

Sebagai bencana yang paling ditakuti, sudah tak terhitung berapa kali jumlah gempa yang ada di muka bumi ini. Namun yang tercatat paling besar dalam dekade terakhir terjadi di negara ini!

1Sumatera, Indonesia

Sumber: www.australiangeographic.com.au

Pada 26 Desember 2004. Gempa bumi berkekuatan 9.1 disertai dengan gelombang tsunami mengguncang pantai sebelah utara Indonesia, tepatnya Aceh. Getarannya bahkan sampai ke 14 negara lainnya, yang meliputi daerah Asia dan Afrika.

Gempa bumi terkuat ini menduduki posisi ketiga setelah terakhir tercatat pada tahun 1900. Aktivitas tektonik yang berada di lautan India menyebabkan pergeseran plat, sehingga dasar air laut menjadi lebih surut dari biasanya hingga membuat getaran di daratan. Namun kemudian ketinggian air jadi lebih dahsyat di akhir. Dalam peristiwa ini setidaknya menelan korban jiwa 230.000-280.000 orang dan menjadi salah satu sejarah kelam Indonesia.

2Tohoku Region, Jepang

Sumber: www.republika.co.id

Pada 2011 gempa bumi pernah mengguncang daerah pesisir laut Pasifik di Tohoku, Jepang dengan kekuatan 9.0 dalam waktu 6 menit. Diketahui sumber dari gempa berada 7 km dari tenggara kepulauan Oshika, 30 km di bawah permukaan laut.

Meski gempa sering terjadi di negeri matahari terbit ini. Namun gempa Tohoku menjadi yang paling besar dan mengguncang Jepang. Diketahui sekitar 15.893 meninggal dunia dan 2.572 lainnya dinyatakan hilang.

3Gempa Chili, Chili

Sumber: blog.act.id

Sebuah negara di selatan benua Amerika pernah diguncang gempa bumi hebat. Getaran dengan kekuatan 8.8 richter dan berpusat di Chili terjadi pada 17 Februari 2010.

Tak tanggung-tanggung, daratan di daerah tersebut diguncang selama 20 menit dengan kekuatan 6.2. Akibatnya beberapa kota di sekitar ibu kota hingga selatan Chili luluh lantak.

Akibat dari gempa bumi besar ini, setidaknya 53 negara juga bisa merasakan getarannya, seperti di San Diego dan California. Setidaknya bencana ini menelan korban jiwa sebanyak 525 orang.

4Gempa Nepal, Nepal

Sumber: nulis.co.id

Gempa bumi yang baru saja terjadi yakni di Nepal, tepatnya daerah Gorkha. Bencana yang terjadi pada 15 April 2015 itu memiliki kekuatan 7.8 hingga 8.1 richter dan berpusat di distrik Lamjung. Peristiwa murni dari alam itu menjadi yang terbesar mengguncang Nepal setelah tahun 1934 silam.

Akibat dari gempa, 19 korban jiwa ditemukan di Gunung Everest. Sedangkan di sekitar Sungai Langtang 250 dinyatakan hilang. Sehingga tercatat korban meninggal mencapai 8.964 dan 21.952 lainnya mengalami luka-luka.

5Gempa Haiti, Haiti

Sumber: storiesfromtheroad.wordpress.com

Gempa Haiti yang terjadi pada tahun 2010 berpusat 25 km di sebelah barat ibu kota Haiti. Dengan kekuatan mencapai 7.0 skala richter, bencana tersebut menewaskan 100.000 orang.

Akibatnya, banyak bangunan yang runtuh dan jalan-jalan rusak parah. Sehingga pemerintahan Haiti harus melakukan perbaikan sebanyak 250.000 perumahan dan 30.000 gedung komersial.

Meski kini teknologi sudah semakin maju dengan terciptanya alat yang dapat mendeteksi gempa. Namun sejatinya manusia bisa meleset dan tidak ada yang tahu kapan bencana akan terjadi. Banyak-banyak melakukan kebaikan ya, guys. (ind/flk)

Source: The North East Today

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here