Sumber: www.ark21.com

Pedang sudah bukan lagi sebagai senjata utama dalam pertempuran. Namun benda legendaris ini masih disimpan oleh para kolektor karena memiliki memiliki kisah sejarah dan terbuat dari bahan bernilai jual tinggi. Bahkan beberapa dianggap menyimpan kekuatan magis sehingga diritualkan pada waktu-waktu tertentu.

Pedang pertama kali muncul pada zaman perunggu dan dibuat dari tembaga. Pada abad pertengahan, pedang besi dan baja diproduksi massal dan digunakan dalam pertempuran. Para bala tentara dilatih dengan menggunakan alat ini.

Raja, jenderal, prajurit dalam sebuah kerajaan dulunya wajib memiliki pedang sabagai senjata pribadi dan menunjukkan kekuasaan. Tak ayal jika, senjata tajam tersebut memiliki nilai historical dan disimpan hingga saat ini baik di dalam museum maupun secara pribadi.

Namun dari banyaknya pedang di dunia ini, ada 5 yang dianggap mematikan di dunia.  Simak ulasannya berikut ini!

1Pedang Joyeuse

Sumber: netralnews.com

Joyeuse merupakan senjata tajam yang dimiliki oleh Charlemagne. Ia hidup di tahun 700-an dan dinobatkan sebagai Kaisar Romawi pada tahun 800 dan terkenal dengan kehebatannya dalam bertempur.

Pedang-pedang tersebut terbuat dari bagian-bagian dari abad yang berbeda-beda, sehingga sempat kesulitan mengidentifikasi senjata Joyeuse. Bahan dari genggaman diperkirakan terbuat dari era Charlemagne, yakni emas dan dihiasi dengan berlian.

Dalam dokumen sejarah, pedang tersebut pernah digunakan untuk memenggal kepala dari komandan Saracen, Corsuble. Usai kematian dari Sang Charlemagne, senjata tajam itu ditahan dan dibawa ke Louvre untuk disimpan.

2Pedang Honjo Masamune

Sumber: satujam.com

Honjo Masamune mewakili Keshogunan selama periode Edo di Jepang. Pedang ini diwariskan secara turun temurun hingga akhirnya pada tahun 1939 dinobatkan sebagai harta nasional.

Barang pusaka ini sempat berpindah tangan dan dinyatakan hilang. Tapi di masa Perang Dunia II ditemukan kembali dan mulai disimpan sebagai benda pusaka negara.

3Pedang Mercy

Sumber: www.nzmuseums.co.nz

Pedang Mercy atau yang biasa dikenal dengan Sword of Mercy merupakan senjata terkenal yang dimiliki oleh Edwards Confessor. Benda ini pernah digunakan saat sang raja menaklukkan Norman pada tahun 1066.

Sword of Mercy memiliki bagian pisau yang patah. Tak diketahui apa penyebabnya, namun menurut mitos, malaikatlah yang mematahkan ujung tersebut untuk mencegah dari perbuatan yang salah.

Hingga akhirnya, benda yang termasuk dalam pusaka Kerajaan Inggris ini digunakan sebagai penobatan kehormatan dan kekuasaan para raja.

4Pedang Zulfiqar

Sumber: youtube.com

Pedang kuno milik menantu Nabi Muhammad ini dianggap sebagai benda paling mematikan. Ali sendiri memerintah Kekhalifahan Islam dari tahun 656 hingga 661. Menurut catatan sejarah, Zulfiqar sudah membawa Ali dan bala tentaranya pada Perang Uhud.

Senjata tajam tersebut berbentuk pisau melengkung yang melambangkan Asia Barat dan Selatan. Meski banyak yang berspekulasi tentang bentuknya, namun kini Zulfiqar disimpan dan menjadi bagian dari koleksi al-Jafr dibawah kepemilikan Imam Muhammad al-Mahdi.

Meski kini pedang bukanlah menjadi senjata ampuh untuk melawan musuh, namun benda pusaka tersebut masih disimpan dengan baik karena menyimpan kisah sejarah. (ind/flk)

Source: toptenz.net

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here