Sumber : www.duniamisteri.com

Salah satu hantu yang paling terkenal di Indonesia adalah kuntilanak. Hantu ini digambarkan dengan sosok perempuan berambut panjang mengenakan pakaian putih dengan suara tawa yang sangat menyeramkan. Banyak film yang mengangkat tema kuntilanak ini dan memang cukup menyeramkan. Banyak orang yang belum tahu beberapa hal dibalik hantu kuntilanak ini. Dilansir dari pesugihan.net, berikut adalah beberapa mitos menyeramkan seputar hantu kuntilanak.

5Di Saat Tak Terduga Tertawa dan Menangis

Sumber : www.giphy.com

Dalam film-film kuntilanak digambarkan dengan suara yang menyeramkan. Suara tangis dan tawa ini tidak terduga pada saat si hantu menampakkan dirinya. Pada awalnya si kuntilanak akan menangis dengan suara tersedu-sedu yang sangat menyayat hari, namun lama kelamaan ia tertawa dengan histeris dan membikin bulu kuduk merinding.

4Menyukai Bangunan Yang masih Setengah Jadi

Sumber : www.merdeka.com

Seperti hantu lainnya, kuntilanak ini juga menyukai bangunan kosong yang gelap dan ditinggal penghuninya. Bangunan kosong setengah jadi adalah tempat favoritnya. Bangunan kantor atau rumah yang baru sebagian dibangun namun kemudian ditinggalkan oleh pemiliknya, menjadi tempat kesukaannya. Makanya kalau ada rumah baru, pasti dilakukan ritual selametan untuk mengusir makhluk halus yang mungkin menghuninya.

3Suka Mengganggu Wanita Hamil

Sumber : www.saudaraku.net

Wanita hamil seringkali diganggu oleh hantu kuntilanak ini. Dalam cerita yang banyak tersebar di masyarakat, kuntilanak juga dipercaya dapat mencuri janin wanita yang hamil. Nah, hal inilah yang menyebabkan masyarakat terutama di Jawa, menyarankan untuk memasangkan benda pajam seperti gunting dan peniti yang dikaitkan di baju si ibu hamil. Dipercaya, benda-benda ini ditakuti oleh si kuntilanak dan tidak mengganggu janin.

2Suka Mencuri Bayi

Sumber : www.ceritalegenda.com

Selain mengganggu ibu hamil, kuntilanak juga dipercaya suka mencuri bayi yang belum 1 tahun. Karena itu, bayi tidak boleh ditinggalkan sendirian, dan pada waktu menjelang maghrib hingga Isya, dianjurkan untuk menggendong si bayi. Tujuammya supaya nggak dicuri oleh wewe gombel dan kuntilanak ini.

1Ada Kuntilanak Merah

Sumber : www.duniamisteri.com

Di film-film, selain digambarkan dengan memakai baju putih, ada juga kuntilanak yang memakai baju merah. Bukan karena ikut mode, ternyata hal ini disebabkan oleh darahnya sendiri yang menyebar ke seluruh bajunya. Kehadirannya ditandai dengan bau amis yang menyengat yang berasal dari bajunya tersebut. Dari segi tingkat keseraman dan keganasan, kuntilanak merah juga lebih sadis.

Itulah beberapa mitos mengerikan seputar hantu kuntilanak. Boleh percaya boleh tidak, yang jelas hantu ini telah melegenda dan menjadi momok menyeramkan bagi sebagian masyarakat. Semoga berfaedah untuk para pembaca yang budiman 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here