Sumber: www.telegraph.co.uk

Menangnya Perancis pada Piala Dunia 2018 masih menjadi perbincangan hangat. Gimana nggak, tim besutan Didier Deschamps ini bermain gemilang di lapangan hijau. Banyak yang memuji performa timnya saat berlaga melawan Kroasia.

Beberapa pihak bahkan telah meramalkan kemenangannya. Namun nyatanya tim Perancis nggak memiliki performa cukup baik selama beberapa tahun kebelakang, tepatnya setelah menjadi juara di Piala Dunia 1998. Sempat masuk dalam babak final pada World Cup 2006, tapi skor mereka dikalahkan oleh Italia.

Kini mereka bisa bernapas lega, sebab hasil nggak pernah mengkhianati usaha. Begini perjuangan Perancis selama berlaga di Piala Dunia 2018.

1Menghabiskan Australia di Grup C

Sumber: goal.com

Perancis membantai Australia pada pertandingan Grup C. Pinalti pertama diberikan melalui VAR yang tercatat dalam sejarah Piala Dunia. Usaha memasukkan bola pun dilakukan oleh Paul Pogbe hingga kemenangan mereka mencapai 2 gol, sementara Australia hanya gol tunggal.

2Perancis VS Peru

Sumber: af.sputniknews.com

Masih dari pertandingan Grup C. Perancis harus berhadapan dengan Peru. Pertandingan yang susah ditebak ini akhirnya ditaklukkan oleh Kylian Mbappe di menit ke-16. Gol pun tak terelakkan. Perancis menang atas Peru dengan gol tunggal.

3Berakhir seri dengan Denmark

Sumber: en.as.com

Denmark jadi lawan yang paling susah ditaklukkan oleh Perancis. Kendati sama-sama dari Eropa, dua tim ini memiliki pertahanan yang berimbang. Nggak ayal kalau baik Denmark maupun Perancis nggak ada yang bisa membobol gawang, alias hanya memperoleh skor 0-0.

4Kalahkan Argentina

Sumber: sports.ndtv.com

Dipertandingan selanjutnya, Perancis dihadapkan pada Argentina. Emosi dan performa yang menggebu-gebu dari pemain muda, Mbappe begitu terlihat. Ia berusaha menunjukkan penampilan terbaiknya dan membuat tim langganan juara Pildun itu harus angkat kaki terlebih dahulu dengan perolehan skor tipis, 4-3.

5Masuk semifinal karena Uruguay

Sumber: FIFA.com

Melalui kesalahan yang dibuat oleh Fernando Muslera, akhirnya Antoine Griezman berhasil mencetak gol dengan skor akhir 2-0. Dari sinilah kemudian Perancis masuk dalam semifinal setelah terakhir tahun 2006 lalu.

6Maju ke final setelah libas Belgia

Sumber: www.thenational.ae

Pada babak kedua pertengan, Umtiti memberikan kemenangan pada Perancis atas Belgia dengan skor 1-0. Kala itu Inggris dan Kroasia tengah menunggu pertandingan di Moskow untuk memperebutkan babak yang sama.

Berjuang bersama-sama selama 49 hari, akhirnya tim Perancis berhasil masuk ke babak final melawan Kroasia. Mereka mendulang kesuksesan dan berhasil memboyong tropi bergilir Piala Dunia dengan skor akhir 4-2. (ind/flk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here